Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ajukan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023, Argentina Pernah Tolak Tanding Lawan Israel

FIFA mengumumkan Argentina secara resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 melalui pertemuan di Paraguay.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Sri Juliati
zoom-in Ajukan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023, Argentina Pernah Tolak Tanding Lawan Israel
NORBERTO DUARTE / AFP
Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) berbicara di samping presiden Conmebol asal Paraguay Alejandro Dominguez, selama konferensi pers di markas Conmebol di Luque, Paraguay, pada 30 Maret 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Argentina resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 setelah FIFA mencabut status sebelumnya dari Indonesia.

"Ada negara lain yang telah menyatakan minat, tetapi dalam hal proposal secara formal dan semua jaminan pemerintah yang menyertainya, Argentina berada di posisi terdepan," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino jelang Kongres CONMEBOL di Asuncion, Paraguay, Jumat (31/3/2023) waktu setempat dikutip dari laman FIFA.

Gianni mengungkapkan keputusan resmi FIFA akan diumumkan 2-3 hari ke depan.

"Keputusan akan dibuat, saya pikir 2-3 hari ke depan atau secepatnya lantaran Piala Dunia U20 dimulai pada 20 Mei (2023) yang semakin mendekat. Kita semua tahu sepakbola di Argentina, negara ini saya yakini akan menjadi tuan rumah yang sangat baik," sambungnya.

Gianni mengungkapkan Presiden Argentina Footbal Association (AFA), Claudio Tapia, Kementerian Olahraga dan Pariwisata negara-negara Amerika Selatan, dan Kementerian Perdagangan telah memberikan jaminan yang diperlukan di balik tawaran kuat.

Baca juga: Jokowi Beri 2 Instruksi Khusus ke Erick Thohir Soal FIFA Pasca-Pembatalan Indonesia Jadi Tuan Rumah

Jaminan tersebut, lanjutnya, telah diserahkan ke Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez.

"Proposal AFA akan dikirimkan dalam pertemuan FIFA Bureau dan Council untuk memutuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20."

BERITA REKOMENDASI

"Saya ingin mengucapkan terimakasih, tentu saja, kepada Presiden Tapia dan kepada seluruh Argentina, serta pemerintah (Argentina), karena mengatur proposal mereka sedemikian cepat. Ini benar-benar membuat hidup kami sedikit lebih mudah," jelas Gianni.

Seperti diketahui, FIFA memutuskan untuk mencabut status Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada Rabu (29/3/2023) lalu.

Pada paragraf pertama berdasarkan surat yang ditulis FIFA, alasan pencabutan karena 'situasi terkini' yang terjadi di Indonesia.

Baca juga: PKS Nilai FIFA Terlalu Buru-buru Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20

Adapun maksud 'situasi terkini' yang dimaksud FIFA diduga terkait penolakan Timnas Israel oleh beberapa tokoh Indonesia hingga ormas untuk menjadi kontestan Piala Dunia U20.

Setali tiga uang, Timnas Argentina pun juga pernah melakukan hal serupa seperti Indonesia.

Lalu seperti apa kronologi penolakan Timnas Argentina terhadap Timnas Israel? Berikut penjelasannya.

Timnas Argentina Pernah Tolak Tanding dengan Timnas Israel saat Pertandingan Persahabatan

Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi mengacungkan jempol setelah timnya mencetak gol ke gawang Panama dalam pertandingan persahabatan di stadion Monumental di Buenos Aires pada 23 Maret 2023.
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi mengacungkan jempol setelah timnya mencetak gol ke gawang Panama dalam pertandingan persahabatan di stadion Monumental di Buenos Aires pada 23 Maret 2023. (LUIS ROBAYO / AFP)
Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas