Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-406, Reaksi Moskow usai Finlandia Resmi jadi Anggota NATO

Finlandia telah menjadi anggota NATO ke-31 setelah menteri luar negerinya, Pekka Haavisto, menandatangani dokumen aksesi diserahkan ke Antony Blinken.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-406, Reaksi Moskow usai Finlandia Resmi jadi Anggota NATO
JOHANNA GERON / POOL / AFP
Para pejabat menghadiri upacara pengibaran bendera setelah aksesi Finlandia ke NATO, di markas NATO di Brussel, pada 4 April 2023. Berikut update Perang Rusia vs Ukraina hari ke-406 selengkapnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Finlandia telah menjadi anggota NATO ke-31 setelah Menteri Luar Negerinya, Pekka Haavisto, menandatangani dokumen aksesi dan menyerahkannya kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, pada sebuah upacara di Brussel.

Presiden AS Joe Biden menyambut baik kenaikan Finlandia dan mendesak Turki dan Hongaria untuk menyelesaikan proses ratifikasi mereka agar Swedia dapat bergabung.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan aksesi Finlandia meningkatkan risiko konflik yang lebih luas.

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-406 berikut yang dikutip dari Guardian:

Korban tewas ledakan bom di kafe St Petersburg naik jadi 40 orang

Kantor berita Tass milik negara Rusia telah melaporkan bahwa jumlah orang yang terluka dalam ledakan kafe St Petersburg yang menewaskan blogger militer terkemuka Vladlen Tatarsky telah meningkat menjadi 40 orang.

Baca juga: Resmi! Finlandia Jadi Anggota ke-31 NATO

Darya Trepova didakwa dengan pelanggaran terorisme

BERITA TERKAIT

Penyelidik Rusia secara resmi mendakwa Darya Trepova, seorang wanita berusia 26 tahun, dengan pelanggaran terorisme atas pembunuhan blogger militer pro-perang Vladlen Tatarsky dalam ledakan bom di St Petersburg.

Lukashenko perjalanan dinas ke Moskow

Presiden Belarus Alexander Lukashenko akan melakukan perjalanan ke Moskow pada Rabu (5/4/2023).

Kremlin mengatakan Lukashenko akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin selama dua hari.

Kali pertama Evan Gershkovich bertemu dengan pengacaranya

Reporter Wall Street Journal Evan Gershkovich, yang ditangkap dan didakwa melakukan spionase di Rusia minggu lalu, bertemu dengan pengacaranya untuk pertama kalinya pada Selasa (4/4/2023), kata pemimpin redaksi Emma Tucker dalam sebuah pesan kepada staf.

Baca juga: Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-404: Blogger Militer Pro-Perang Tewas dalam Ledakan di Kafe

Penahanan Darya Trepova atas pembunuhan blogger pro-perang Rusia Vladlen Tatarsky telah menimbulkan pertanyaan tentang latar belakang dan politik wanita muda itu.
Penahanan Darya Trepova atas pembunuhan blogger pro-perang Rusia Vladlen Tatarsky telah menimbulkan pertanyaan tentang latar belakang dan politik wanita muda itu. (JJ.OOEE/VK/BBC)

"Kesehatan Evan baik, dan dia berterima kasih atas curahan dukungan dari seluruh dunia," kata Tucker dalam surat yang salinannya dilihat oleh Reuters.

Ukraina tunggu bantuan dari IMF

Ukraina berharap untuk menerima dua tahap lagi senilai $1,8 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) tahun ini di bawah program pinjaman empat tahun yang baru disetujui, pejabat tinggi bank sentral Ukraina mengatakan pada hari Selasa.

Ukraina minggu ini menerima tahap pertama $2,7 miliar di bawah program tersebut.

Bantuan tersebut merupakan bagian dari paket dukungan global $115 miliar yang lebih besar.

Inggris blokir siaran web PBB

Inggris telah memblokir siaran web Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang pertemuan informal Dewan Keamanan di Ukraina pada hari Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-403: Utang Kyiv Tambah, IMF Siap Gelontorkan 15,6 M Dolar AS

Dijadwalkan komisioner Rusia untuk hak-hak anak akan berbicara pada pertemuan tersebut.

Pengadilan pidana internasional ingin menangkap komisaris atas tuduhan kejahatan perang.

Pertemuan semacam itu tidak diadakan di ruang Dewan Keamanan dan semua 15 anggota dewan harus setuju untuk mengizinkan siaran web oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Finlandia gabung NATO

Finlandia telah menjadi anggota NATO ke-31 setelah Menteri Luar Negerinya, Pekka Haavisto, menandatangani dokumen aksesi dan menyerahkannya kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, pada sebuah upacara di Brussel.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan aksesi Finlandia meningkatkan risiko konflik yang lebih luas.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas