Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bentrokan Warga Palestina dan Polisi Israel di Masjid Al Aqsa Yerusalem Saat Ramadan

Selama bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Paskah Yahudi, memicu baku tembak lintas batas di Gaza

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bentrokan Warga Palestina dan Polisi Israel di Masjid Al Aqsa Yerusalem Saat Ramadan
AFP/JAAFAR ASHTIYEH
Seorang pengunjuk rasa Palestina dan seorang tentara Israel bentrok bersama selama demonstrasi Hari Tanah di kota Palestina Huwara di Tepi Barat yang diduduki pada 31 Maret 2023. - Hari Tanah memperingati peristiwa 30 Maret 1976, ketika pasukan Israel menembak dan membunuh enam orang. orang-orang di antara orang Arab Israel dan Palestina yang memprotes penyitaan tanah. (Photo by Jaafar ASHTIYEH / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JERUSALEM – Polisi Israel bentrok dengan warga Palestina di Masjid Al Aqsa Yerusalem pada Rabu (5/4/2023), beberapa jam setelah penangkapan dan pemindahan lebih dari 350 orang dalam penggerebekan oleh polisi di kompleks tersebut.

Konfrontasi tersebut, selama bulan suci Ramadan dan menjelang hari raya Paskah Yahudi, memicu baku tembak lintas batas di Gaza dan memicu kekhawatiran akan kekerasan lebih lanjut.

Dalam peristiwa itu, polisi memasuki kompleks dan mencoba mengevakuasi jemaah menggunakan granat kejut dan menembakkan peluru karet, menurut staf Waqf, organisasi Islam yang ditunjuk Yordania yang mengelola kompleks tersebut.

Baca juga: Tentara Israel Tembak Mati Pria Palestina saat Mengemudi di Tepi Barat

Polisi Israel mengatakan puluhan anak muda membawa batu dan petasan ke masjid dan mencoba membarikade diri di dalam.

“Serangan Israel terhadap jamaah di masjid Al-Aqsa, merupakan tamparan terhadap upaya AS baru-baru ini yang mencoba menciptakan ketenangan dan stabilitas selama bulan Ramadan,” kata Nabil Abu Rudeineh, juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Palang Merah Palestina mengatakan enam orang terluka dalam bentrokan tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby menyuarakan keprihatinan tentang kekerasan di masjid dan mengungkapkan sangat penting bagi Israel dan Palestina untuk meredakan ketegangan.

Bentrokan Menyebar ke Perbatasan Gaza

Tepat sebelum bentrokan di masjid Al-Aqsa, dua roket Israel ditembakkan dari Gaza. Militer Israel mengatakan satu gagal dan yang lainnya jatuh di ruang terbuka.

"Kami tidak tertarik pada eskalasi, tetapi kami siap untuk skenario apa pun," kata Daniel Hagari, juru bicara militer Israel.

Baca juga: Cucu Pendiri Israel yang Aktivis HAM Israel Ikut Perjuangkan Hak Palestina

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyalahkan situasi pada "ekstrimis" yang membarikade diri di dalam masjid dengan senjata, batu dan kembang api.

"Israel berkomitmen untuk mempertahankan kebebasan beribadah, akses bebas ke semua agama dan status quo di Temple Mount dan tidak akan membiarkan ekstremis kekerasan mengubah itu," katanya dalam sebuah pernyataan, Rabu (5/4/2023).

Sebagai informasi, kompleks Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem merupakan situs tersuci ketiga umat Islam di mana puluhan ribu orang beribadah selama Ramadan. Itu juga merupakan situs paling suci Yudaisme, yang dipuja sebagai Temple Mount, sisa dari dua kuil Yahudi dalam Alkitab.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas