Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Reaksi Dunia terhadap Serangan Israel di Masjid Al Aqsa, Turki Mengecam hingga Sebut Lampaui Batas

Berikut ini beragam reaksi pemimpin dunia atas bentrokan yang terjadi antara pasukan Israel dengan jemaah di Masjid Al Aqsa.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Reaksi Dunia terhadap Serangan Israel di Masjid Al Aqsa, Turki Mengecam hingga Sebut Lampaui Batas
AHMAD GHARABLI/AFP
Warga Palestina meneriakkan slogan-slogan kepada pasukan keamanan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, pada 5 April 2023. Bentrokan meletus di dalam masjid Al-Aqsa di Yerusalem awal 5 April 2023 saat polisi Israel mengatakan bahwa mereka telah masuk untuk mengusir "agitator" , sebuah langkah yang dikecam sebagai "kejahatan yang belum pernah terjadi sebelumnya" oleh gerakan Islam Palestina Hamas. - Selengkapnya, berikut ini beragam reaksi pemimpin dunia atas bentrokan yang terjadi antara pasukan Israel dengan jemaah di Masjid Al Aqsa pada Rabu (5/4/2023) subuh. 

TRIBUNNEWS.COM - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Turki, Amerika Serikat (AS), Kanada dan beberapa negara serta badan internasional menyatakan keterkejutan dan keprihatinan mendalam atas bentrokan antara pasukan Israel dengan jemaah yang berada di Masjid Al Aqsa.

Bentrokan terjadi pada Rabu (5/4/2023) subuh.

Insiden ini terjadi saat umat Muslim merayakan bulan suci Ramadhan dan umat Yahudi sedang bersiap memulai Paskah.

Dikutip Guardian, Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 12 warga Palestina menderita luka akibat peluru berujung karet dan pemukulan dalam bentrokan dengan polisi Israel di al-Aqsa.

Polisi Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa unit keamanan dipaksa memasuki kompleks setelah agitator (penghasut) mengunci diri di dalam masjid dengan kembang api, tongkat dan batu.

Pengacara Palestina Firas al-Jibrini mengatakan polisi menangkap sekitar 500 orang yang dibawa untuk diinterogasi.

Baca juga: Bentrokan Warga Palestina dan Polisi Israel di Masjid Al Aqsa Yerusalem Saat Ramadan

Dikutip dari Al Jazeera, berikut ini beragam reaksi pemimpin dunia atas bentrokan yang terjadi antara pasukan Israel dengan jemaah di Masjid Al Aqsa pada Rabu (5/4/2023) subuh.

BERITA REKOMENDASI

Pejuang Palestina di Gaza

Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran lebih luas.

Pejuang Palestina di Gaza menanggapi serangan Israel dengan tembakan roket.

Sementara pesawat Israel menyerang beberapa lokasi di kantong pantai yang terkepung.

PBB

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres terkejut dan prihatin dengan gambar-gambar pasukan keamanan Israel yang memukuli orang-orang di Masjid Al-Aqsa, kata juru bicaranya, Stephane Dujarric pada Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Populer Internasional: Polisi Israel Bentrok dengan Jemaah Masjid Al Aqsa - Finlandia Gabung NATO

Warga Palestina meneriakkan slogan-slogan kepada pasukan keamanan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, pada 5 April 2023. Bentrokan meletus di dalam masjid Al-Aqsa di Yerusalem awal 5 April 2023 saat polisi Israel mengatakan bahwa mereka telah masuk untuk mengusir
Warga Palestina meneriakkan slogan-slogan kepada pasukan keamanan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, pada 5 April 2023. Bentrokan meletus di dalam masjid Al-Aqsa di Yerusalem awal 5 April 2023 saat polisi Israel mengatakan bahwa mereka telah masuk untuk mengusir "agitator" , sebuah langkah yang dikecam sebagai "kejahatan yang belum pernah terjadi sebelumnya" oleh gerakan Islam Palestina Hamas. Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, meminta warga Palestina di Tepi Barat "untuk pergi secara massal ke masjid Al-Aqsa untuk mempertahankannya". (AHMAD GHARABLI/AFP)

Dujarric mengatakan Guterres melihat gambar-gambar “kekerasan dan pemukulan” di dalam situs suci.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas