Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

1.500 Pemukim Israel Serbu Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Selama Paskah Yahudi

1.500 pemukim Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa di Yerusalem selama Paskah Yahudi. Mereka terdiri dari 21 kelompok dan dikawal oleh polisi Israel.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in 1.500 Pemukim Israel Serbu Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Selama Paskah Yahudi
AFP/AHMAD GHARABLI
Warga Palestina menghadapi pasukan keamanan Israel di dalam kompleks masjid al-Aqsa Yerusalem pada awal 5 April 2023 selama bulan suci Ramadhan. Lebih dari 1.500 pemukim Israel menyerbu kompleks masjid Al-Aqsa untuk merayakan Paskah Yahudi. 

TRIBUNNEWS.COM - Lebih dari 1.500 pemukim Israel menyerbu komplek masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki Israel pada Senin (10/4/2023).

Mereka memaksa masuk ke kompleks masjid Al-Aqsa selama perayaan Paskah Yahudi.

1.500 pemukim Israel itu terdiri dari 21 kelompok yang dikawal oleh polisi Israel, seperti diberitakan Anadolu Agency.

Sehari sebelumnya, pada Minggu (9/4/2023), Departemen Wakaf Islam di Yerusalem mengatakan ada 912 pemukim menyerbu masjid Al-Aqsa pada hari Paskah Yahudi yang akan berlanjut hingga 12 April 2023.

Ketegangan meningkat di seluruh Palestina setelah pasukan Israel menyerbu kompleks masjid Al-Aqsa pada Selasa (4/4/2023) hingga Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Israel Serang Lebanon dan Gaza, Targetkan Hamas Palestina setelah Bentrok di Masjid Al-Aqsa

Penyerbuan itu memicu 34 serangan roket dari Lebanon dan Gaza ke wilayah Israel pada Rabu (5/4/2023) dan Kamis (6//4/2023).

Israel menuduh Hamas Palestina dan Hizbullah di Lebanon berada di balik serangan roket itu.

BERITA TERKAIT

Militer Israel meluncurkan serangan balasan ke Lebanon dan Gaza dengan menargetkan gudang senjata Hamas di sana, pada Jumat (7/4/2023) pagi.

Pasukan keamanan Israel berdiri di dekat jemaah Muslim Palestina yang berdoa di dalam kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem, pada awal 5 April 2023 selama bulan suci Ramadhan. - Polisi Israel mengatakan mereka telah masuk untuk mengusir
Pasukan keamanan Israel berdiri di dekat jemaah Muslim Palestina yang berdoa di dalam kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem, pada awal 5 April 2023 selama bulan suci Ramadhan. - Polisi Israel mengatakan mereka telah masuk untuk mengusir "agitator", sebuah langkah yang dikecam sebagai "kejahatan yang belum pernah terjadi sebelumnya" oleh gerakan Islam Palestina Hamas. Situs suci Muslim dibangun di atas apa yang oleh orang Yahudi disebut Temple Mount, situs tersuci Yudaisme. (Photo by Ahmad GHARABLI / AFP) (AFP/AHMAD GHARABLI)

Teror di Tepi Barat

Setelah penyerbuan Masjid Al-Aqsa oleh polisi Israel, sejumlah teror terjadi di Tepi Barat.

Pada Jumat (7/4/2023), dua saudara perempuan berdarah Inggris-Israel tewas akibat serangan kelompok bersenjata di Tepi Barat.

Penembakan itu terjadi hanya beberapa jam setelah Israel meluncurkan serangan balasan ke Lebanon.

Hamas dan Hizbullah memuji serangan teror itu sebagai operasi heroik, seperti diberitakan oleh Inquirer.

Seorang pengunjuk rasa Palestina dan seorang tentara Israel bentrok bersama selama demonstrasi Hari Tanah di kota Palestina Huwara di Tepi Barat yang diduduki pada 31 Maret 2023. - Hari Tanah memperingati peristiwa 30 Maret 1976, ketika pasukan Israel menembak dan membunuh enam orang. orang-orang di antara orang Arab Israel dan Palestina yang memprotes penyitaan tanah. (Photo by Jaafar ASHTIYEH / AFP)
Seorang pengunjuk rasa Palestina dan seorang tentara Israel bentrok bersama selama demonstrasi Hari Tanah di kota Palestina Huwara di Tepi Barat yang diduduki pada 31 Maret 2023. - Hari Tanah memperingati peristiwa 30 Maret 1976, ketika pasukan Israel menembak dan membunuh enam orang. orang-orang di antara orang Arab Israel dan Palestina yang memprotes penyitaan tanah. (Photo by Jaafar ASHTIYEH / AFP) (AFP/JAAFAR ASHTIYEH)

Baca juga: 2 Warga Israel Tewas dalam Penembakan di Pemukiman Tepi Barat, Palestina

Beberapa jam setelah penembakan itu, satu orang Italia tewas tertabrak mobil di Tel Aviv, Israel.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas