Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Petaninya Merugi, Polandia Dorong Larangan Bahan Pangan Ukraina Diperluas

Polandia ingin perluas pembatasan impor pada bahan makanan Ukrainia karena membanjiri pasar dan menurunkan harga lokal.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Petaninya Merugi, Polandia Dorong Larangan Bahan Pangan Ukraina Diperluas
Getty Images
Berbagai jenis biji-bijian. Polandia ingin memperluas pembatasan impor pada bahan makanan Ukraina dengan menambahkan buah beri, telur, unggas, gula dan madu. Beberapa negara Eropa Timur bahkan menargetkan biji-bijian Ukraina setelah membanjiri pasar dan menurunkan harga lokal. 

TRIBUNNEWS.COM, WARSAWA - Polandia ingin memperluas pembatasan impor pada bahan makanan Ukraina dengan menambahkan buah beri, telur, unggas, gula dan madu.

Beberapa negara Eropa Timur bahkan menargetkan biji-bijian Ukraina setelah membanjiri pasar dan menurunkan harga lokal.

Dikutip dari laman Russia Today, Jumat (21/4/2023), desakan Polandia untuk pembatasan yang lebih luas dilaporkan pada Kamis kemarin oleh stasiun radio RFM, mengutip informasi tidak resmi yang diungkapkan oleh reporternya di Brussel, Belgia, markas Uni Eropa (UE).

Sementara itu, Hongaria telah melarang telur Ukraina, daging, gula, minyak goreng, anggur dan sebagian besar jenis sayuran.

Perlu diketahui, saat ini Polandia, Hongaria, Rumania, Slovakia dan Bulgaria bersatu untuk mencegah produk makanan Ukraina masuk ke pasar mereka, ini tentu saja memicu kejengkelan UE

Seorang Juru bicara Komisi Eropa mengatakan pada hari Minggu lalu bahwa 'tindakan sepihak' itu tidak dapat diterima dan negara-negara anggota harus 'menyelaraskan semua keputusan yang dibuat di dalam UE'.

Tahun lalu, UE mencabut tarif dan kuota untuk produk pertanian Ukraina dan bekerja untuk memfasilitasi ekspor barang-barang ini, konon untuk membantu Ukraina dalam perjuangannya melawan Rusia.

BERITA REKOMENDASI

Negara-negara Eropa Timur, khususnya Polandia memang telah mendukung upaya perang Ukraina.

Namun kemudian menghadapi aksi protes domestik karena para petani berjuang untuk bersaing dengan impor yang lebih murah dari Ukraina.

Baca juga: Uni Eropa Kecam Sikap Polandia dan Hongaria yang Larang Impor Komoditas Tani Ukraina

Pada Rabu lalu, para pejabat UE bertemu dengan perwakilan dari lima negara untuk membahas mengenai keprihatinan mereka.

Komisi Eropa menawarkan 100 juta euro atau setara 109 juta) dolar Amerika Serikat (AS) sebagai dukungan bagi para petani di lima negara anggota.

Angka ini hampir dua kali lipat dari jumlah yang sebelumnya dialokasikan untuk tujuan tersebut.

Komisi itu juga berjanji untuk mengambil 'langkah-langkah pencegahan' terkait gandum, jagung, minyak sayur dan biji bunga matahari.

Ukraina adalah kekuatan pertanian utama dan keanggotaannya akan memberikannya akses yang lebih baik ke pasar global bersama UE.

Kebuntuan ini pun mengungkap 'jurang antara posisi politik dan realitas pasar' dan bahwa aksesi 'tetap menjadi prospek yang jauh untuk Ukraina.

Sumber: https://www.rt.com/news/575060-poland-ukraine-eggs-ban/

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas