Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

WHO: 413 Orang Tewas, 3.500 Lainnya Terluka dalam Perang Saudara di Sudan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan sedikitnya 413 orang tewas dalam perang saudara yang berlangsung di Sudan, Afrika Utara.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in WHO: 413 Orang Tewas, 3.500 Lainnya Terluka dalam Perang Saudara di Sudan
AFP/-
Orang-orang menyeberang jalan saat asap mengepul di atas bangunan tempat tinggal di Khartoum timur pada 16 April 2023, saat pertempuran di Sudan berkobar untuk hari kedua dalam pertempuran antara jenderal yang bersaing. - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan sedikitnya 413 orang tewas dalam perang saudara yang berlangsung di Sudan, Afrika Utara. (Photo by AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Sedikitnya 413 orang tewas dalam perang saudara yang berlangsung di Sudan, Afrika Utara.

"Sementara, 3.500 orang lainnya terluka dalam pertempuran," kata Juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Harris kepada wartawan pada jumpa pers di Jenewa.

Badan Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB); UNICEF menambahkan bahwa setidaknya sembilan anak termasuk di antara yang tewas dan lebih dari 50 telah terluka.

Layanan kesehatan diserang

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut serangan terhadap rumah sakit dan layanan terkait lainnya sebagai "menyesatkan".

Baca juga: Sambut Idul Fitri 1444 H, Paramiliter di Sudan Sepakat Hentikan Perang Selama 72 Jam

Tedros menyerukan pertempuran yang hampir berlangsung selama seminggu untuk "segera dihentikan".

“Tindakan kekerasan yang tercela ini tidak hanya membahayakan nyawa petugas layanan kesehatan, tetapi juga mencabut perawatan medis penting bagi populasi yang rentan,” cuitnya di Twitter.

BERITA TERKAIT

Pekerja kemanusiaan tewas dalam baku tembak

Seorang pekerja kemanusiaan tewas dalam baku tembak, menurut pernyataan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

“Saya sangat sedih dengan kematian rekan kemanusiaan kami, dan bergabung dengan istri dan anaknya yang baru lahir, dan tim kami di Sudan berkabung,” kata Direktur Jenderal Antonio Vitorino.

Pekerja itu sedang bepergian dengan keluarganya di dekat El-Obeid, sebuah kota di barat daya Khartoum, ketika dia ditembak.

Baca juga: Ribuan warga tinggalkan Khartoum, Indonesia siapkan evakuasi WNI dari Sudan

Warga Sudan menyapa tentara, yang setia kepada panglima militer Abdel Fattah al-Burhan, di kota Laut Merah Port Sudan pada 16 April 2023. - Pejuang yang berjuang di Sudan mengatakan mereka telah menyetujui jeda kemanusiaan selama berjam-jam, termasuk untuk mengevakuasi yang terluka , pada hari kedua pertempuran kota yang berkecamuk yang menewaskan lebih dari 50 warga sipil termasuk tiga staf PBB dan memicu protes internasional. (Photo by AFP)
Warga Sudan menyapa tentara, yang setia kepada panglima militer Abdel Fattah al-Burhan, di kota Laut Merah Port Sudan pada 16 April 2023.  (Photo by AFP) (AFP/-)

Sudan butuh banyak bantuan internasional

Direktur negara dan perwakilan untuk Program Pangan Dunia PBB di Chad mengatakan lebih banyak dukungan diperlukan dari donor internasional saat pengungsi berdatangan dari negara tetangga Sudan.

“Ini benar-benar menjadi tantangan besar,” kata Pierre Honnora kepada Al Jazeera dari ibu kota, N'Djamena.

“Kami memiliki 600.000 pengungsi secara keseluruhan di Sudan,” katanya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas