Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertempuran antara Tentara Sudan dan RSF Berlanjut, meski Sepakat Perpanjang Gencatan Senjata

Tentara Sudan dan Pasukan Pendukung Cepat (RSF) paramiliter telah sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata, namun pertempuran masih berlanjut.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Nuryanti
zoom-in Pertempuran antara Tentara Sudan dan RSF Berlanjut, meski Sepakat Perpanjang Gencatan Senjata
AFP/-
Orang-orang menyeberang jalan saat asap mengepul di atas bangunan tempat tinggal di Khartoum timur pada 16 April 2023. - Tentara Sudan dan Pasukan Pendukung Cepat (RSF) paramiliter telah sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata, namun pertempuran masih berlanjut. 

TRIBUNNEWS.COM - Tentara Sudan dan Pasukan Pendukung Cepat (RSF) paramiliter telah sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata mereka.

Meski demikian, pertempuran di ibu kota Khartoum dan wilayah Darfur barat masih berlangsung.

Dilansir Al Jazeera, menjelang berakhirnya gencatan yang disepakati selama tiga hari dari Selasa (25/4/2023) hingga Kamis (27/4/2023), tentara Sudan mengatakan akan memperpanjang gencatan senjata selama 72 jam.




Kesepakatan itu diperoleh dari upaya mediasi yang di tengahi oleh Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS).

RSF juga mengatakan menyetujui perpanjangan gencatan senjata.

Kelompok paramiliter itu menambahkan bahwa proposal tersebut datang dari dua kelompok diplomatik yang mencakup AS, Arab Saudi, Norwegia, Inggris Raya, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Baca juga: Garuda Indonesia Operasikan Penerbangan Evakuasi 358 WNI dari Sudan

Meskipun ada jeda pertempuran sejak gencatan senjata 72 jam pertama dimulai, serangan udara dan tembakan anti-pesawat terdengar pada Kamis (27/4/2023) di ibu kota dan kota-kota terdekat Omdurman dan Bahri, kata saksi mata dan wartawan Reuters.

BERITA TERKAIT

Pada Kamis (27/4/2023), pesawat-pesawat tempur berpatroli di pinggiran utara ibu kota saat para pejuang di darat saling melepaskan tembakan artileri dan senapan mesin berat, kata saksi mata kepada kantor berita AFP.

Gencatan senjata sebelumnya tidak menghentikan pertempuran tetapi menciptakan jeda yang cukup bagi puluhan ribu orang Sudan untuk melarikan diri ke daerah yang lebih aman.

Situasi tersebut juga menciptakan kesepkatan berbagai negara untuk mengevakuasi ratusan warganya melalui darat dan laut.

Bersama-sama, tentara dan RSF menggulingkan pemerintah sipil dalam kudeta Oktober 2021.

Tentara mengklaim menguasai sebagian besar wilayah Sudan dan mengalahkan penyebaran besar RSF di Khartoum, di mana beberapa daerah pemukiman telah berubah menjadi zona perang.

Baca juga: Operasikan Penerbangan Evakuasi, Garuda Indonesia Angkut 385 WNI di Sudan

Orang-orang berjalan melewati apotek yang tutup di selatan Khartoum pada 17 April 2023 saat pertempuran di ibu kota Sudan antara tentara dan pasukan paramiliter yang dipimpin oleh para jenderal saingan berkecamuk untuk hari ketiga.
 (Photo by AFP)
Orang-orang berjalan melewati apotek yang tutup di selatan Khartoum pada 17 April 2023 saat pertempuran di ibu kota Sudan antara tentara dan pasukan paramiliter yang dipimpin oleh para jenderal saingan berkecamuk untuk hari ketiga. (Photo by AFP) (AFP/-)

Gedung Putih mengatakan prihatin dengan pelanggaran gencatan senjata, menambahkan bahwa situasi dapat memburuk kapan saja dan mendesak warga AS untuk pergi dalam waktu 24 hingga 48 jam, lapor France24.

Hadapi kelangkaan makanan

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas