Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penobatan Raja Charles III Jadi Operasi Keamanan Terbesar di Inggris Sejak Beberapa Dekade

Raja Charles III kini telah secara resmi memimpin monarki Inggris dan menjadi penguasa Britania Raya menggantikan mendiang ibunya.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Penobatan Raja Charles III Jadi Operasi Keamanan Terbesar di Inggris Sejak Beberapa Dekade
AFP/VICTORIA JONES
Uskup Agung Canterbury Justin Welby menempatkan Mahkota St Edward ke kepala Raja Inggris Charles III selama Upacara Penobatan di dalam Westminster Abbey di pusat kota London pada 6 Mei 2023. - Penobatan set-piece adalah yang pertama di Inggris dalam 70 tahun, dan hanya yang kedua dalam sejarah yang disiarkan televisi. Charles akan menjadi monarki ke-40 yang dimahkotai di gereja pusat London sejak Raja William I pada 1066. Di luar Inggris, ia juga raja dari 14 negara Persemakmuran lainnya, termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Camilla, istri keduanya, akan dinobatkan sebagai ratu bersamanya dan dikenal sebagai Ratu Camilla setelah upacara. (Photo by Victoria Jones / POOL / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Raja Charles III kini telah secara resmi memimpin monarki Inggris dan menjadi penguasa Britania Raya menggantikan mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu (6/5/2023), sebanyak 20 ribu personel keamanan, tidak hanya telah menyapu kota London namun juga sekitarnya, menjelang upacara penobatan.

"Ini adalah operasi keamanan terbesar yang pernah dilihat Inggris selama beberapa dekade, lebih besar dari Olimpiade dan pemakaman sang Ratu," kata mantan Pengawas Lapangan Skotlandia, Nusrit Mehtab.

Ia menjelaskan bahwa semuanya dikoordinasikan dari komando pusat ruang operasi khusus yang telah dibentuk, yakni dari Lamerth.

"Kami memiliki militer, dinas intelijen dan ambulans penjaga pantai, serta dinas pemadam kebakaran. Mereka mengadakan pengarahan rutin dan semuanya dimasukkan ke ruang kontrol ini," jelas Mehtab.

Prosesi upacara penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla pun telah dilakukan di Westminster Abbey, London, serta dihadiri banyak bangsawan dan pemimpin negara.

BERITA TERKAIT

Raja Charles III pun kini secara resmi memimpin monarki Inggris didampingi sang istri, Permaisuri Camilla.

Upacara penobatan ini juga sempat menimbulkan aksi protes dari kelompok anti monarki, namun berhasl ditangani oleh aparat yang berjaga.

Sumber

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas