Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Pakistan akan Geledah Rumah Imran Khan di Lahore setelah Dituduh Lindungi Teroris

Polisi Pakistan akan geledah rumah Imran Khan di Lahore setelah ia dituduh melindungi orang-orang yang dianggap 'teroris' karena serang para tentara.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Polisi Pakistan akan Geledah Rumah Imran Khan di Lahore setelah Dituduh Lindungi Teroris
AFP/ARIF ALI
Mantan perdana menteri Pakistan Imran Khan (tengah) berbicara kepada para pendukungnya selama pawai anti-pemerintah menuju ibu kota Islamabad, menuntut pemilihan awal, di Gujranwala pada 1 November 2022. (Photo by Arif ALI / AFP) - Ratusan polisi akan menggeledah rumah Imran Khan setelah ia dituduh melindungi teroris. 

TRIBUNNEWS.COM - Empat delegasi polisi Provinsi Punjab tiba di kediaman mantan perdana menteri Pakistan Imran Khan di Zaman Park, Lahore pada Jumat (19/5/2023).

Mereka akan bernegosiasi dengan Imran Khan sebelum menggeledah rumahnya.

Langkah itu dilakukan beberapa jam setelah Polisi Punjab memperoleh surat perintah untuk melakukan penggeledahan di kediaman Imran Khan.

Sebelumnya, Menteri Penerangan Punjab, Amir Mir telah memberi Khan tenggat waktu 24 jam untuk menyerahkan para tersangka.

Pada Jumat (19/5/2023), ia mengatakan ratusan polisi akan melakukan penggeledahan.

"Kami (pemerintah sementara) telah memutuskan alih-alih bentrok langsung, kami akan mengirim delegasi ke Imran Khan di bawah pengawasan komisaris Lahore," kata Amir Mir, dikutip dari Dawn.

Baca juga: Imran Khan Sebut Ada Pihak yang Takut Dirinya Menangkan Pemilu Pakistan

“Kami mendapat informasi bahwa ada sekitar 40 teroris yang bersembunyi di sana, jadi saya pikir kami membutuhkan sekitar 400 polisi untuk menggeledah rumah tersebut,” katanya.

BERITA TERKAIT

Pejabat provinsi itu juga mengesampingkan rencana pemerintah untuk menangkap kembali Imran Khan selama operasi pencarian.

"Kami tidak punya rencana untuk menangkap Imran Khan," katanya, dikutip dari Times of India.

Menurut pernyataan itu, penggeledahan akan mencakup pemeriksaan menyeluruh terhadap pintu masuk dan keluar di kediaman Imran Khan.

Tujuan penggeledahan itu adalah untuk menemukan 'teroris' yang bersembunyi di tempat itu.

Pada hari ini, Petugas Polisi Ibu Kota Lahore (CCPO), Bilal Saddique Kamyana mengatakan telah menangkap enam 'teroris' lainnya yang berusaha melarikan diri dari kediaman Imran Khan di Zaman Park.

Di hari yang sama, pengadilan anti terorisme menyetujui jaminan pra-penangkapan Imran Khan hingga 2 Juni 2023 dalam tiga kasus terorisme yang diajukan terhadap Pakistan.

Petugas keamanan menggunakan perisai anti peluru untuk melindungi mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan saat dia tiba di Pengadilan Tinggi di Islamabad pada 9 Mei 2023. Imran Khan ditangkap pada 9 Mei, kata polisi, saat hadir di pengadilan untuk salah satu dari lusinan kasus tertunda sejak dia dipecat dari jabatannya tahun lalu.
 (Photo by Aamir QURESHI / AFP)
Petugas keamanan menggunakan perisai anti peluru untuk melindungi mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan saat dia tiba di Pengadilan Tinggi di Islamabad pada 9 Mei 2023. Imran Khan ditangkap pada 9 Mei, kata polisi, saat hadir di pengadilan untuk salah satu dari lusinan kasus tertunda sejak dia dipecat dari jabatannya tahun lalu. (Photo by Aamir QURESHI / AFP) (AFP/AAMIR QURESHI)

Baca juga: Pejabat Pakistan Tuduh Imran Khan Lindungi Tersangka Penyerangan Tentara

Sebelumnya, Imran Khan ditangkap pada 9 Mei 2023 atas tuduhan korupsi, yang dia bantah.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas