Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dihadang J-16 China Pesawat Pengintai RC-135 Alami Turbulensi, Negeri Paman Sam Mencak-mencak

Hubungan Amerika Serikat dan China semakin panas setelah pesawat mata-mata AS dicegat oleh jet tempur negeri tirai bambu.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Dihadang J-16 China Pesawat Pengintai RC-135 Alami Turbulensi, Negeri Paman Sam Mencak-mencak
airplane-pictures
Ilustrasi pesawat pengintai Angkatan Udara Amerika RC-135. AS mencak-mencak pesawatnya dihadang oleh China dan menyebutnya sebagai “pencegatan tidak profesional.” 

TRIBUNNEWS.COM -- Hubungan Amerika Serikat dan China semakin panas setelah pesawat mata-mata AS dicegat oleh jet tempur negeri tirai bambu.

Saat dicegat, pesawat mata-mata tersebut berjarak sangat dekat dengan jet J-16 di Laut China Selatan pada hari Minggu (28/5/2023) lalu.

AS mencak-mencak pesawatnya dihadang oleh China dan menyebutnya sebagai “pencegatan tidak profesional.”

Seorang pilot China melakukan manuver “agresif yang tidak perlu”, menerbangkan pesawat tempur J-16 miliknya tepat di depan hidung pesawat pengintai RC-135 AS, menurut dugaan Komando Indo-Pasifik (INDOPACOM) AS pada hari Selasa (30/5/2023).

Baca juga: China Desak Jepang Hentikan Pembatasan Ekspor Chip

Komando itu memposting klip video dari insiden tersebut, yang dimaksudkan untuk menunjukkan J-16 China lewat di depan pesawat AS dan menyebabkan kokpit RC-135 bergetar dalam turbulensi setelahnya.

“RC-135 sedang melakukan operasi yang aman dan rutin di atas Laut China Selatan di wilayah udara internasional, sesuai dengan hukum internasional,” kata INDOPACOM.

“Amerika Serikat akan terus terbang, menjual, dan beroperasi – dengan aman dan bertanggung jawab – di mana pun hukum internasional mengizinkan.”

BERITA TERKAIT

Pernyataan itu menambahkan bahwa pasukan AS akan terus terbang “dengan memperhatikan keselamatan semua kapal dan pesawat di bawah hukum internasional. Kami berharap semua negara di kawasan Indo-Pasifik menggunakan wilayah udara internasional dengan aman dan sesuai dengan hukum internasional.”

Pejabat China tidak segera mengomentari insiden tersebut atau pernyataan AS.

Meski begitu, Beijing marah atas klaim Washington atas insiden serupa di masa lalu, menuduh pasukan AS melakukan provokasi dan melanggar kedaulatan China.

Kementerian Pertahanan China menuduh pejabat Amerika "fitnah murni dan hype" atas insiden Desember lalu di mana sebuah jet tempur China diduga berdengung dalam jarak enam meter dari RC-135 Angkatan Udara AS.

Kedua belah pihak menyalahkan tabrakan dekat di sisi lain.

Kejadian serupa juga terjadi pada akhir tahun Komando Indo-Pasifik AS mengklaim bahwa pesawat tempur J-11 China mendekati pesawat RC-135 Angkatan Udara AS dalam jarak enam meter, dan bahwa langkah "tidak aman" ini memaksa pilot Amerika untuk melakukan manuver mengelak.

Itu juga menerbitkan video insiden 21 Desember, menunjukkan dua pesawat terbang berdekatan satu sama lain.

Baca juga: Rusia-China Kian Harmonis, Jalin Kerja Sama Energi Terbarukan Bersama

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas