Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Bebaskan 1 Warga Denmark dan 2 Warga Austria

Iran membebaskan satu warga Denmark dan dua warga Austria yang dipenjara di negara itu berterima kasih kepada Oman dan Belgia atas bantuan mereka

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Iran Bebaskan 1 Warga Denmark dan 2 Warga Austria
Atta KENARE/AFP
Seorang anggota polisi anti huru hara Iran mengibarkan bendera nasional saat para penggemar merayakan kemenangan tim sepak bola mereka melawan Wales selama Piala Dunia Qatar 2022, di ibu kota Teheran pada 25 November 2022. - Iran membebaskan satu warga Denmark dan dua warga Austria yang dipenjara di Teheran, Wina dan Kopenhagen mengungkapkan. 

TRIBUNNEWS.COM - Iran membebaskan satu warga Denmark dan dua warga Austria yang dipenjara di Teheran, Wina dan Kopenhagen mengungkapkan.

Teheran mengungkapkan terima kasih kepada Oman dan Belgia atas bantuan mereka dalam membebaskan tiga tahanan tersebut.

Pada Jumat (2/6/2023), Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg mengatakan dia "sangat lega" bahwa Kamran Ghaderi dan Massud Mossaheb dibawa pulang setelah "bertahun-tahun ditahan di Iran".

Sementara, Menteri Luar Negeri Denmark, Lars Løkke Rasmussen mengaku "senang dan lega bahwa seorang warga negara Denmark sedang dalam perjalanan pulang ke keluarganya di Denmark setelah dipenjara di Iran".

Dia tidak menyebutkan nama orang tersebut, dengan mengatakan bahwa identitas mantan tahanan adalah "masalah pribadi" dan dia tidak dapat menjelaskan secara rinci".

Løkke Rasmussen berterima kasih kepada Belgia dan mengatakan Oman “memainkan peran penting”.

Schallenberg berterima kasih kepada para menteri luar negeri Belgia dan Oman karena telah memberikan "dukungan yang berharga" tanpa merinci lebih lanjut dalam bentuk apa.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-460, Zelensky Ajukan RUU untuk Jatuhkan Sanksi kepada Iran

BERITA TERKAIT

Dilansir Al Jazeera, Gulfstream IV Angkatan Udara Kerajaan Oman, yang telah berada di Teheran selama beberapa hari, lepas landas sesaat sebelum pengumuman.

Setelah singgah di Oman dan tes medis, ketiganya akan diterbangkan ke bandara militer Belgia di Melsbroek, kata Perdana Menteri Alexander De Croo.

Oman memiliki hubungan baik dengan Iran dan negara-negara Barat dan sebelumnya telah bertindak sebagai lawan bicara.

Pembebasan itu dilakukan setelah Sultan Oman Haitham bin Tariq mengunjungi Iran dalam perjalanan pertamanya ke sana sejak menjadi penguasa negara Arab itu pada 2020.

Ghaderi adalah seorang pengusaha Iran-Austria yang ditangkap pada tahun 2016 dan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena diduga menjadi mata-mata untuk Amerika Serikat, tuduhan yang ditolak keras oleh para pendukungnya.

Keluarganya mengkritik Austria karena diam dalam kasusnya dalam beberapa tahun terakhir.

Mossaheb, juga seorang pengusaha Iran-Austria, ditangkap pada 2019 dan menerima hukuman penjara 10 tahun setelah apa yang disebut Amnesty International sebagai "pengadilan yang sangat tidak adil untuk pelanggaran keamanan nasional yang tidak jelas".

Baca juga: Sedikitnya 3 Orang Tewas dalam Bentrokan di Perbatasan Iran-Afghanistan

Seorang anggota polisi anti huru hara Iran mengibarkan bendera nasional saat para penggemar merayakan kemenangan tim sepak bola mereka melawan Wales selama Piala Dunia Qatar 2022, di ibu kota Teheran pada 25 November 2022. Iran mencetak dua gol di saat-saat terakhir waktu tambahan untuk mendapatkan skor 2 -0 menang atas 10 pemain Wales dalam pertandingan Grup B mereka di Piala Dunia hari ini. Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian mencetak gol untuk memberi Iran kemenangan yang terkenal, yang membawa mereka ke posisi kedua grup di belakang Inggris, yang akan menghadapi AS di kemudian hari.
Seorang anggota polisi anti huru hara Iran mengibarkan bendera nasional saat para penggemar merayakan kemenangan tim sepak bola mereka melawan Wales selama Piala Dunia Qatar 2022, di ibu kota Teheran pada 25 November 2022. Iran mencetak dua gol di saat-saat terakhir waktu tambahan untuk mendapatkan skor 2 -0 menang atas 10 pemain Wales dalam pertandingan Grup B mereka di Piala Dunia hari ini. Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian mencetak gol untuk memberi Iran kemenangan yang terkenal, yang membawa mereka ke posisi kedua grup di belakang Inggris, yang akan menghadapi AS di kemudian hari. (Atta KENARE/AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas