Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-481: Pasukan Ukraina Rebut Kembali Wilayah di Zaporizhia

Pejabat yang ditempatkan Rusia di Ukraina, Vladimir Rogov mengatakan pasukan Ukraina telah merebut desa Piatykhatky di wilayah Zaporizhia.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-481: Pasukan Ukraina Rebut Kembali Wilayah di Zaporizhia
AFP/HANDOUT
Gambar selebaran SkySat yang diambil dan dirilis oleh Planet Labs PBC pada 6 Juni 2023 menunjukkan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, fasilitas atom terbesar di Eropa, di Enerhodar, setelah bendungan HPP Kakhovka rusak di Ukraina selatan pada hari sebelumnya. Sebuah serangan terhadap bendungan besar yang dikuasai Rusia di Ukraina selatan pada 6 Juni 2023 mengeluarkan semburan air yang membanjiri dua lusin desa dan memaksa 17.000 orang dievakuasi, memicu kekhawatiran akan bencana kemanusiaan. Bendungan era Soviet, dibangun pada 1950-an, terletak di Sungai Dnipro, yang menyediakan air pendingin untuk pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia sekitar 150 kilometer (90 mil) jauhnya. Operator nuklir Ukraina, Energoatom, mengatakan ketinggian air waduk Kakhovka "menurun dengan cepat, yang merupakan ancaman tambahan bagi pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang diduduki sementara. (Photo by Handout / 2023 Planet Labs PBC / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Pejabat yang ditempatkan Rusia di Ukraina, Vladimir Rogov mengatakan pasukan Ukraina telah merebut desa Piatykhatky di wilayah Zaporizhia.

Ini merupakan perolehan kedua Kyiv sejak meluncurkan serangan balasannya awal bulan ini.

Rogov mengatakan Ukraina telah melakukan gelombang serangan dan bahwa "ratusan" tentara Ukraina telah tewas.




Dalam perkembangan lain, Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak akan meminta bisnis untuk meningkatkan investasi untuk membantu Ukraina membangun kembali pada Konferensi Pemulihan Ukraina yang dimulai di London pada Rabu (14/6/2023).

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-481 berikut yang dikutip dari Al Jazeera:

1. Update pertempuran

- Pejabat yang ditempatkan Rusia di Ukraina, Vladimir Rogov mengatakan pasukan Ukraina telah merebut desa Piatykhatky di wilayah Zaporizhia.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-480: Ukraina Hancurkan Gudang Amunisi Rusia di Odesa

BERITA TERKAIT

Ini merupakan perolehan kedua Kyiv sejak meluncurkan serangan balasannya awal bulan ini.

Rogov mengatakan Ukraina telah melakukan gelombang serangan dan bahwa "ratusan" tentara Ukraina telah tewas.

- Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya memukul mundur serangkaian serangan Ukraina di tiga bagian garis depan.

Kementerian itu mengatakan Kyiv paling aktif mendesak di wilayah Zaporizhia tetapi tidak menyebut Piatykhatky.

- Tentara Ukraina mengatakan angkatan udaranya melakukan 14 serangan terhadap posisi Rusia dan menghancurkan dua sistem rudal anti-pesawat.

-  Juru bicara administrasi militer Odesa, Serhiy Bratchuk mengatakan Ukraina menghancurkan gudang amunisi "signifikan" di dekat kota pelabuhan Henichesk yang diduduki Rusia di wilayah selatan Kherson.

- Inggris mengatakan Rusia dan Ukraina menderita banyak korban militer saat Kyiv berjuang untuk mengusir pasukan Kremlin dari daerah yang diduduki.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas