Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Usai Antar Bantuan Korban Badai Mocha di Myanmar, TNI Angkut 14 WNI Korban TPPO Pulang ke Indonesia

Pesawat Hercules C-130 A-1320 TNI AU juga tiba di Tanah Air membawa 14 WNI korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dari Myanmar dengan selamat.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Usai Antar Bantuan Korban Badai Mocha di Myanmar, TNI Angkut 14 WNI Korban TPPO Pulang ke Indonesia
Foto: Dok. Kemlu RI
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia bekerja sama dengan KBRI di Yangon, dan Mabes TNI telah berhasil memulangkan 14 Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dari Myanmar, Selasa (27/6/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di samping keberhasilannya mengemban misi kemanusiaan pengiriman bantuan sosial korban badai Mocha Myanmar, pesawat Hercules C-130 A-1320 TNI AU juga tiba di Tanah Air dengan membawa 14 WNI korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dari Myanmar dengan selamat. 

Mereka tiba di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma pada Selasa malam (27/6/2023 ).

Kedatangan 14 WNI tersebut terdiri dari laki-laki 13 orang dan satu orang wanita.

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada kesempatan tersebut Asops Kasau Marsda TNI Minggit Tribowo. 

Dalam kesempatan tersebut Minggit menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan misi kemanusiaan sudah berjalan dengan aman dan lancar.

"Upaya dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan dari TNI dan termasuk TNI Angkatan Udara secara resmi saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono atas arahannya untuk membantu kepulangan 14 Warga Negara Indonesia (WNI). Dan, kepada Komandan Skadron sebagai Komandan misi dan seluruh Tim atas pelaksanaannya," kata Minggut dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Kamis (29/6/2023).

"Semoga apa yang telah kita laksanakan menjadi berkah buat saudara kita Athan di Myanmar juga telah memberi andil besar dalam proses pemulangan sejumlah WNI tersebut," sambung Minggit.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban Siklon Mocha yang melanda Myanmar, pada hari ini, Senin (26/6/2023).
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban Siklon Mocha yang melanda Myanmar, pada hari ini, Senin (26/6/2023). (HO)
BERITA REKOMENDASI

Para WNI tersebut kemudian diserahkan kepada pihak Kementrian Luar Negeri Badan Dirjen Perlindungan WNI untuk diproses data-data secara administrasi.

Setelah semua persyaratan administrasi dinyatakan lengkap, kemudian dipulangkan ke daerah masing-masing.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas