Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Akui Sahara Barat Bagian dari Maroko, Pertimbangkan Buka Konsulat di Dakhla

Israel mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, kata pemerintah Maroko dan pernyataan yang dikeluarkan kantor Perdana Menteri Israel.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Israel Akui Sahara Barat Bagian dari Maroko, Pertimbangkan Buka Konsulat di Dakhla
Ryad KRAMDI/AFP
Brahim Ghali, Presiden Republik Demokratik Arab Sahrawi (SARD) dan Sekretaris Jenderal front Polisario, menghadiri kongres Polisario di kamp pengungsi Dakhla, yang terletak sekitar 170 km tenggara kota Tindouf, Aljazair, pada 13 Januari , 2023. Gerakan Polisario, yang mencari kemerdekaan di Sahara Barat yang disengketakan, mulai bertemu hari Jumat untuk pemilihan kepemimpinan di tengah meningkatnya ketegangan antara tuan rumah Aljazair dan Maroko, yang menguasai sebagian besar wilayah tersebut. Lebih dari 2.200 anggota gerakan dan 370 tamu asing menghadiri kongres lima hari jauh di padang pasir Aljazair, di sebuah kamp pengungsi Sahrawi yang dinamai Dakhla, sebuah kota pelabuhan Atlantik di Sahara Barat yang dikuasai Maroko. 

TRIBUNNEWS.COM - Israel mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, kata pemerintah Maroko dalam pernyataan yang dikeluarkan kantor Perdana Menteri Israel.

Maroko telah menguasai Sahara Barat sejak 1975, setelah pemerintahan kolonial Spanyol berakhir, tetapi minim pengakuan internasional.

Sebuah pernyataan dari Istana Kerajaan Maroko mengatakan posisi Israel diungkapkan dalam surat kepada Raja Mohammed VI dari Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Front Polisario yang didukung Aljazair menuntut negara merdeka di Sahara Barat.

Dilansir Al Jazeera, Rabat mengatakan Israel tengah mempertimbangkan untuk konsulat di Dahkla, Senin (17/7/2023).

Pada tahun 2020, Presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, Donald Trump, mengakui klaim Maroko atas wilayah tersebut sebagai imbalan atas peningkatan sebagian hubungannya dengan Israel.

Baca juga: Korban Salah Tangkap, Pria Asal Maroko Terlanjur Jalani Hukuman Penjara 15 Tahun

Perkuat hubungan diplomatik

BERITA TERKAIT

Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, mengatakan pengakuan Sahara Barat sebagai wilayah Maroko "akan memperkuat hubungan diplomatik dan memajukan stabilitas regional".

Ada 28 negara lain – sebagian besar Afrika dan Arab – telah membuka konsulat di kota Dakhla atau Laayoune di Sahara Barat.

Maroko memandang hal itu sebagai bentuk dukungan nyata untuk kekuasaannya di wilayah tersebut.

Membangun Maroko

Seorang pejabat senior pemerintah Maroko mengatakan kepada Reuters bahwa posisi Israel di Sahara Barat menegaskan momentum untuk membangun Maroko.

"Pengakuan Israel tidak akan mempengaruhi prinsip Maroko dalam membela solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina", tambahnya.

"Maroko mengharapkan keputusan untuk mendorong investasi Israel di wilayah itu," katanya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas