Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Biaya Perawatan Kuil Nikko di Jepang 1,2 Miliar Yen per Bangunan, Padahal Ada 55 Lokasi

Kuil Nikkō Tōshō-gū yang termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ternyata memiliki biaya perawatan yang sangat tinggi, 1,2 miliar yen per tahun

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Biaya Perawatan Kuil Nikko di Jepang 1,2 Miliar Yen per Bangunan, Padahal Ada 55 Lokasi
Richard Susilo
Hisaaki Ono petugas kuil Nikkō Tōshō-gū yang termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sedang menjelaskan  sebuah pilar Gerbang Yomeimon dengan motif terbalik, lain dengan 3 pilar lainnya. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kuil Nikkō Tōshō-gū yang termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ternyata memiliki biaya perawatan yang sangat tinggi, 1,2 miliar yen per tahun untuk satu bangunan. Padahal di dalamnya ada 55 bangunan yang harus diperhatikan.

"Biaya perawatan memang tidak murah per tahun per lokasi gedung sekitar 1,2 miliar yen dan di dalam kompleks ini ada 55 lokasi gedung yang harus terus dirawat setiap tahun. Praktis tak akan ada habis-habisnya terus bergiliran harus dilakukan perawatan," papar Hisaaki Ono petugas kuil Nikkō Tōshō-gū kepada Tribunnews.com Rabu lalu (19/7/2023).

Di kuil tersebut juga ada pilar Gerbang Yomeimon dari Toshougu, Nikko, dihias dengan motif yang disebut gori (atau gurin), stilisasi daun pakis muda. 

Tetapi  ada satu yang menonjol, karena motifnya ternyata terbalik, "Itulah yang paling mendapat perhatian dari para pengunjung di sini, langka, terbalik di bandingkan pilar-pilar yang lain," tambahnya.

Motif gori tersebut juga menjadi motif yang dipasang sebagai lampu di dalam kereta api Spacia-X yang baru diluncurkan Tobu Railways tanggal 15 Juli 2023.

Meskipun  pertama yang terlintas dalam pikiran mungkin  dipasang terbalik karena kesalahan, namun sebenarnya itu sengaja dibalik, untuk menciptakan ketidaksempurnaan.

BERITA TERKAIT

Disebut sakakibashira, "pilar terbalik" juga diyakini memiliki peran sebagai jimat pelindung, tambahnya lagi.

Di berbagai gerbang masuk di dalam kuil tersebut banyak jimat pelindung dimaksudkan agar kekuatan atau roh jahat tidak masuk ke dalam sana.

Misalnya ada gambar kucing yang seolah tidur motig ukiran kayu di salah satu gerbang di sana, namun bagian pantat kucing naik ke atas pertanda berjaga-jaga.

"Itu artinya meskipun kucing kelihatan tertidur namun kalau ada yang jahat melewatinya dia akan langsung menyerang dan mengusir yang jahat itu."

Tōshō-gū didedikasikan untuk Tokugawa Ieyasu, pendiri Keshogunan Tokugawa. Awalnya dibangun pada tahun 1617, selama periode Edo, sementara putra Ieyasu, Hidetada, menjadi shogun. Itu diperbesar pada masa shogun, Iemitsu.

Selama periode Edo, Keshogunan Tokugawa melakukan proses megah dari Edo ke Nikkō Tōshō-gū di sepanjang Nikkō Kaidō. Festival musim semi dan musim gugur tahunan kuil menghidupkan kembali kesempatan ini, dan dikenal sebagai "prosesi seribu prajurit".

Prosesi mendatang tanggal 17 Oktober akan ada festival dan salah satunya adalah Yabusame akan digelar di sana.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas