Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bentrok di Penjara Ekuador Tewaskan 31 Orang, Narapidana Sandera 100 Sipir

Bentrok di penjara Litoral di Guayaquil, Ekuador tewaskan 31 orang. Napi yang protes, menyandera 100 sipir. Presiden umumkan keadaan darurat penjara.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Bentrok di Penjara Ekuador Tewaskan 31 Orang, Narapidana Sandera 100 Sipir
Presiden Guillermo Lasso/Twitter
Tentara Ekuador menertibkan Lembaga Pemasyarakatan atau Penjara Litoral pada Selasa (25/7/2023) pagi waktu setempat. Ribuan angkatan bersenjata mengambilalih penjara yang mengalami kerusuhan sejak Sabtu (22/7/2023). Puluhan orang meninggal dunia dan 100 sipir penjara disandera oleh narapidana. 

TRIBUNNEWS.COM - Kantor Kejaksaan Agung Ekuador mengatakan jumlah korban jiwa akibat kerusuhan di penjara bertambah menjadi 31 orang pada Rabu (26/7/2023).

Selain itu, 14 orang lainnya terluka akibat kerusuhan yang dimulai pada Sabtu (22/7/2023) di sebuah penjara di kota Guayaquil, Ekuador.

Sebelumnya pada Selasa (25/7/2023), Kantor Kejaksaan Agung Ekuador mengatakan bentrokan di penjara Litoral di Guayaquil merenggut nyawa 18 orang.

"Jumlah kematian meningkat menjadi 31 dan jumlah korban luka menjadi 14 akibat bentrokan yang terjadi sejak Sabtu di Lembaga Pemasyarakatan Litoral di Guayaquil," kata Kantor Kejaksaan Agung Ekuador di Twitter, Rabu (26/7/2023).

Presiden Ekuador, Guillermo Lasso, mengumumkan keadaan darurat selama 60 hari di seluruh penjara Ekuador.

Baca juga: Walikota di Ekuador Ditembak Mati, Presiden Guillermo Lasso Umumkan Keadaan Darurat

Ia memberi wewenang kepada tentara Ekuador untuk merebut kembali kendali atas penjara, menyusul kekerasan di penjara Litoral yang menewaskan 31 orang dan di mana narapidana menyandera hampir 100 penjaga.

Guillermo Lasso mengatakan, tentara dan polisi Ekuador sedang melakukan operasi pengambilalihan penjara di penjara Litoral.

BERITA REKOMENDASI

"2.700 petugas polisi dan tentara pemberani saat ini berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan Litoral dan akan tetap berkoordinasi dan mengambil kendali, sesuai dengan ketentuan keadaan darurat," tulis Guillermo Lasso di Twitter, Rabu (26/7/2023).

Pasukan militer berjaga di luar penjara Guayas 1 di mana kerusuhan baru selama beberapa hari antara geng-geng yang bersaing merenggut sedikitnya 18 nyawa, di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador, pada 25 Juli 2023. Sedikitnya 18 narapidana tewas dalam kerusuhan yang dimulai Sabtu di sebuah penjara di Ekuador, kata kantor kejaksaan Selasa, ketika tentara dan polisi menyerbu fasilitas di kota pelabuhan Guayaquil.
Pasukan militer berjaga di luar penjara Guayas 1 di mana kerusuhan baru selama beberapa hari antara geng-geng yang bersaing merenggut sedikitnya 18 nyawa, di kota pelabuhan Guayaquil, Ekuador, pada 25 Juli 2023. Sedikitnya 18 narapidana tewas dalam kerusuhan yang dimulai Sabtu di sebuah penjara di Ekuador, kata kantor kejaksaan Selasa, ketika tentara dan polisi menyerbu fasilitas di kota pelabuhan Guayaquil. "Sejauh ini, kematian 18 tahanan sudah dikonfirmasi," kata entitas itu dalam sebuah unggahan media sosial. "Selain itu, 11 orang termasuk seorang polisi terluka." PIN Marcos/AFP (PIN Marcos/AFP)

Baca juga: Wanita Ekuador yang Hidup Lagi di Dalam Peti, Kini Meninggal Dunia setelah Seminggu Dirawat

Sebelumnya, ia mengatakan narapidana di penjara Guayaquil itu menggunakan senjata api selama kerusuhan dan membakar fasilitas menggunakan tangki bensin.

“Dengan upaya, komitmen, dan kerja terus menerus, kami akan bergerak maju dan memulihkan perdamaian yang telah diambil oleh kejahatan terorganisir dari kami,” kata Guillermo Lasso di Twitter, Selasa (25/7/2023).

Beberapa jam setelah postingan itu, kerusuhan penjara terbaru dilaporkan terjadi di Kota Esmeraldas.

Dua staf penjara dan 15 penjaga penjara disandera di penjara setempat.

Di Esmeraldas sendiri, unit polisi diserang, bahan peledak ditempatkan di pom bensin dan beberapa mobil dibakar. Kantor kejaksaan agung mengatakan di media sosial bahwa satu warga sipil terluka dalam serangan bom molotov di kantornya di sana.

Keadaan darurat terbaru adalah yang kedua yang diumumkan Lasso dalam 24 jam terakhir.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas