Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tahun Depan, Australia Larang Penggunaan Gas Alam untuk Hunian Baru di Negara Bagian Victoria

Pemerintah Australia akan melarang penggunaan gas alam untuk hunian baru di Negara bagian Victoria mulai tahun depan.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Sanusi
zoom-in Tahun Depan, Australia Larang Penggunaan Gas Alam untuk Hunian Baru di Negara Bagian Victoria
ABC
Australia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SYDNEY – Pemerintah Australia akan melarang penggunaan gas alam untuk hunian baru di Negara bagian Victoria mulai tahun depan. Hal tersebut dilakukan untuk memangkas emisi dan menurunkan tagihan energi.

Negara bagian terpadat kedua di Australia tersebut merupakan konsumen terbesar, dengan sekitar 80 persen hunian terhubung ke saluran gas alam.




Menteri Aksi Iklim Australia Lily D'Ambrosio mengatakan hunian baru yang membutuhkan izin perencanaan harus terhubung ke jaringan listrik mulai Januari 2024.

Baca juga: Berita Foto : Melihat Usaha Relawan Selamatkan Paus Pilot Terdampar di Pantai Australia

"Mengurangi ketergantungan kita pada gas sangat penting untuk memenuhi target emisi nol bersih pada 2045 dan membuat lebih banyak orang Victoria menggunakan peralatan listrik yang lebih efisien yang akan menghemat uang untuk tagihan mereka," kata D'Ambrosio dalam sebuah pernyataan, Jumat (28/7/2023).

Rencana tersebut muncul saat Australia bagian tenggara menghadapi potensi kekurangan gas dari pertengahan dekade karena produksi turun dari ladang lepas pantai, yang dioperasikan oleh Exxon Mobil yang telah lama memasok wilayah tersebut.

Meski demikian, larangan itu tidak akan banyak membantu iklim karena akan mendorong rumah tangga ke jaringan listrik berbasis batu bara.

BERITA TERKAIT

Pembangkit listrik di Victoria, yang sangat bergantung pada batu bara, menyumbang sekitar setengah dari emisi karbon negara bagian itu.

Baca juga: Kawasan Australia Utara Mengaktifkan Kabel Fiber Optik Bawah Laut Hingga Jakarta

"Pemerintah Victoria mengambil pilihan dari konsumen untuk keuntungan iklim yang terbatas sambil mengabaikan fakta bahwa cara terbaik untuk menurunkan harga gas adalah dengan berinvestasi dalam lebih banyak pasokan gas," kata Chief Executive Samantha McCulloch.

Sementara itu, Rewiring Australia, sebuah organisasi nirlaba yang mengadvokasi elektrifikasi justru mendukung langkah pemerintah untuk melarang penggunaan gas alam.

"Elektrifikasi adalah cara terbaik untuk menghemat ribuan dolar per tahun dari tagihan energi dan menurunkan emisi kita,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas