Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Perusahaan Besar Jepang Memulai Penyelidikan Komersialisasi Bisnis CCS

Tiga perusahaan besar Jepang mulai menyelidiki komersialisasi bisnis Carbon dioxide Capture and Storage (CCS) yang diperkirakan selesai sebelum 2030.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 3 Perusahaan Besar Jepang Memulai Penyelidikan Komersialisasi Bisnis CCS
Istimewa
Pabrik Nippon Steel di Setonaikai Jepang. Tiga perusahaan besar Jepang, Nippon Steel Corporation, Mitsubishi Corporation, dan ExxonMobil Asia Pacific mulai menyelidiki komersialisasi bisnis Carbon dioxide Capture and Storage (CCS) yang diperkirakan akan selesai sebelum tahun 2030. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tiga perusahaan besar Jepang  mulai menyelidiki komersialisasi bisnis Carbon dioxide Capture and Storage (CCS) yang diperkirakan akan selesai sebelum tahun 2030.

Ketiga perusahaan tersebut adalah Nippon Steel Corporation, Mitsubishi Corporation, dan ExxonMobil Asia Pacific.




"Kita baru mulai mengadakan penyelidikan, study lebih lanjut mengenai komersialisasi bisnis CSS. Targetnya selesai tahun 2030," papar sumber Tribunnews.com, Jumat (4/8/2023).

Upaya 3 perusahaan besar itu untuk menangkap karbon dioksida (CO2) yang dipancarkan dari basis industri di Teluk Ise dan wilayah Chubu dan menyimpannya di luar negeri.

Baca juga: Teknologi CCS/CCUS Punya Peran Penting Turunkan Emisi Karbon pada Sektor Energi

Penyimpanan di luar negeri itu antara lain di Indonesia.

"Belum kami putuskan tetapi memang selain penyimpanan di Jepang, kemungkinan juga di Indonesia, Malaysia dan Australia," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Perusahaan Jepang itu akan memverifikasi calon tempat penyimpanan dan biaya saat menyimpan CO2 yang diambil dari berbagai basis industri seperti Nagoya Works milik Nippon Steel (Kota Tokai, Prefektur Aichi) di wilayah Asia-Pasifik seperti Australia, Malaysia, dan Indonesia.  

KantorPpusat Nippon Steel Engineering
Kantor pusat Nippon Steel Engineering. Tiga perusahaan besar Jepang, Nippon Steel Corporation, Mitsubishi Corporation, dan ExxonMobil Asia Pacific mulai menyelidiki komersialisasi bisnis Carbon dioxide Capture and Storage (CCS) yang diperkirakan akan selesai sebelum tahun 2030.

Ketiga perusahaan tersebut secara resmi dipilih melalui penawaran umum oleh Japan Energy and Metals National Corporation (JOGMEC) dan menandatangani kontrak konsinyasi.

Ini adalah kali ketiga Nippon Steel dipercaya melakukan penelitian tentang komersialisasi CCS oleh organisasi tersebut, menyusul dua proyek domestik di Jepang.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas