Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Evakuasi 12.000 Warga dari Kupyansk setelah Rusia Intensifkan Serangan di Kharkiv

Sejumlah 12.000 warga Ukraina mengungsi dari Kupyansk dan sekitarnya di Kharkiv Oblast, setelah Rusia mengintensifkan serangan di wilayah itu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Ukraina Evakuasi 12.000 Warga dari Kupyansk setelah Rusia Intensifkan Serangan di Kharkiv
SERGEY BOBOK / AFP
Foto ini memperlihatkan bangunan yang hancur di kota Kupiansk, wilayah Kharkiv, pada 26 Mei 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. SERGEY BOBOK / AFP ----  Ukraina mengevakuasi 12.000 warganya dari Kota Kupyansk yang terletak di sebelah Izyum di Kharkiv Oblast pada Kamis (10/8/2023). Rusia mengintensifkan serangan dan penembakan di Kharkiv. 

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina mengevakuasi 12.000 warganya di Kota Kupyansk dan sekitarnya karena Rusia mengintensifkan penembakan di Kharkiv Oblast pada Kamis (10/8/2023).

Sejumlah 600 di antaranya adalah anak-anak yang berasal dari 37 kota dan desa.

Ribuan orang di Kota Kupyansk telah diberitahu oleh pihak berwenang, untuk tinggal di sana mereka harus menandatangani formulir yang menyatakan mereka mengetahui risikonya.

"Mengingat situasi keamanan yang sulit dan meningkatnya jumlah penembakan oleh pasukan teroris Rusia di komunitas Kupyansk, Anda memiliki kesempatan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Pemerintah Kota Kupyansk, Kamis (10/8/2023).

Saat ini, pertempuran di Kota Kupyansk yang berbatasan dengan Rusia sedang dalam intensitas tinggi.

"Rusia telah memusatkan pasukan penyerang yang didukung oleh unit tank, penerbangan dan artileri di daerah Kupyansk," kata juru bicara Garda Nasional Ukraina Ruslan Muzychuk di televisi nasional, Kamis (10/8/2023), dikutip dari DailyMail.

Baca juga: Zelenskyy Bisa Negosiasi dengan Rusia tapi Tidak dengan Putin

Rusia juga dilaporkan telah membentuk delapan detasemen 'Storm-Z', yang terdiri dari narapidana yang dibebaskan dari penjara yang bertindak di bawah komandan militer.

BERITA TERKAIT

Storm-Z bertugas untuk mendorong pertempuran di daerah itu semakin intens, menurut Oleksandr Syrskyi, komandan pasukan darat dari Angkatan Bersenjata Ukraina.

"Beberapa posisi berpindah dari tangan ke tangan terus-menerus," kata Oleksandr Syrskyi.

Sementara itu, kepala administrasi militer regional Kharkiv, Oleh Syniehubov, mengatakan serangan telah diintensifkan di gedung dewan kota di Kupyansk pada Rabu (9/8/2023).

“Selama 24 jam terakhir, Rusia secara besar-besaran menembaki permukiman di distrik Bohodukhiv, Kharkiv, Chuhuiv, Izyum, dan Kupyansk dengan bom udara berpemandu dan senjata lainnya,” katanya, seperti diberitakan CNN Internasional.

Foto yang diambil pada 8 Agustus 2023 ini menunjukkan bangunan tempat tinggal yang hancur di Izyum, tempat 47 warga sipil tewas akibat penembakan udara pada 9 Maret 2022, di tengah invasi Rusia di Ukraina. Kota di Ukraina timur, yang memiliki sekitar 45.000 penduduk sebelum invasi, direbut kembali oleh pasukan Ukraina pada September 2022 setelah diduduki oleh Rusia pada bulan-bulan pertama perang. SERGEY BOBOK / AFP
Foto yang diambil pada 8 Agustus 2023 ini menunjukkan bangunan tempat tinggal yang hancur di Izyum, tempat 47 warga sipil tewas akibat penembakan udara pada 9 Maret 2022, di tengah invasi Rusia di Ukraina. Kota di Ukraina timur, yang memiliki sekitar 45.000 penduduk sebelum invasi, direbut kembali oleh pasukan Ukraina pada September 2022 setelah diduduki oleh Rusia pada bulan-bulan pertama perang. ----  Ukraina mengevakuasi 12.000 warganya dari Kota Kupyansk yang terletak di sebelah Izyum di Kharkiv Oblast pada Kamis (10/8/2023). Rusia mengintensifkan serangan dan penembakan di Kharkiv. (SERGEY BOBOK / AFP)

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-534: Rudal Rusia Serang Hotel di Zaporizhzhia

Sebelumnya, Rusia pernah menguasai Kota Kupyansk pada Februari 2022, namun berhasil direbut kembali oleh Ukraina pada September 2022 bersama wilayah lain di sekitarnya.

Beberapa minggu terakhir, Rusia meningkatkan upayanya untuk merebut Kota Kupyansk untuk kedua kalinya.

Pejabat Ukraina mengatakan, bala bantuan Rusia memusatkan upaya utamanya di Kota Kupyansk.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas