Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kronologi Kebakaran Hebat di Hawaii AS yang Tewaskan 89 Orang dan Hanguskan Ribuan Rumah

Adapun jumlah bangunan yang hancur dan terbakar mencapai sekitar 2.200 unit dimana 86 persen diantaranya adalah rumah penduduk.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kronologi Kebakaran Hebat di Hawaii AS yang Tewaskan 89 Orang dan Hanguskan Ribuan Rumah
AP/Matthew Thayer
Aula Gereja Waiola yang bersejarah di Lahaina dan Misi Lahaina Hongwanji di dekatnya dilalap api di sepanjang Jalan Wainee pada Selasa, 8 Agustus 2023, di Lahaina, Hawaii. (Matthew Thayer/The Maui News via AP) 

TRIBUNNEWS.COM, AS - Kebakaran lahan di negara bagian Hawaii, Amerika Serikat (AS) hingga kini setidaknya menewaskan 89 orang.

Korban jiwa diperkirakan masih terus bertambah.

Adapun jumlah bangunan yang hancur dan terbakar mencapai sekitar 2.200 unit dimana 86 persen diantaranya adalah rumah penduduk.

Para pejabat Hawaii masih berupaya mencari penyebab kebakaran lahan fatal yang melandai kawasan Lahaina di Pulau Maui itu.

Kebakaran lahan yang merambat dengan cepat itu menghancurkan kota resor bersejarah nyaris tanpa peringatan kepada para penduduknya.

Jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah karena tim SAR dengan bantuan anjing pelacak menyisir puing-puing bangunan yang terbakar di kota itu.

Para pejabat menyebut kebakaran lahan itu sebagai bencana alam paling parah dalam sejarah negara bagian tersebut.

BERITA TERKAIT

Gubernur Hawaii Josh Green menyebut setidaknya 2.200 bangunan hancur atau rusak di Maui Barat. Sebanyak 86 persen dari bangunan itu adalah rumah penduduk.

"Kita hanya bisa menanti dan mendukung mereka yang masih hidup. Fokus kami sekarang adalah mempersatukan kembali orang-orang ketika kami bisa dan memberi mereka tempat tinggal dan layanan kesehatan, lalu kami bisa (fokus) ke pembangunan ulang," kata Green.'

Gubernur Josh Green sudah memperingatkan bahwa jumlah korban tewas kemungkinan besar akan terus bertambah.

Sejak bencana melanda pekan lalu, masih belum jelas apakah para penduduk menerima peringatan sebelum api melalap rumah mereka.

Pulau Maui punya sirine gawat darurat untuk memberi peringatan bencana alam dan ancaman-ancaman lainnya. Namun, sirine itu tampaknya tidak berbunyi pada saat kebakaran.

Bencana itu mulai meluas tak lama setelah tengah malam Selasa (8/8/2023) ketika api kebakaran lahan dilaporkan di Kota Kula, sekitar 56 kilometer dari Lahaina. Sejumlah warga mengatakan bahwa sekitar lima jam kemudian pada pagi itu, aliran listrik padam di Lahaina.

Api kebakaran terus menjalar dengan cepat hingga kemudian pada sekitar pukul 15.30 waktu setempat, kebakaran Lahaina tiba-tiba berkobar besar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas