Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diganggu Skandal Korupsi, Menhan Ukraina Aleksey Reznikov Akhirnya Resmi Dipecat

Anggota parlemen Ukraina dengan suara mayoritas memilih untuk memecat Aleksey Reznikov dari tugasnya sebagai menteri pertahanan.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Diganggu Skandal Korupsi, Menhan Ukraina Aleksey Reznikov Akhirnya Resmi Dipecat
AFP/Sergei Chuzavkov
Menteri Pertahanan Ukraina, Aleksey Reznikov memamerkan seragam militer Ukraina ke media saat press conference di Kiev. 

TRIBUNNEWS.COM – Menteri Pertahanan Ukraina Aleksey Reznikov akhirnya resmi dipecat setelah anggota parlemen pada Selasa (5/9/2023) setuju dengan usulan Presiden Volodymyr Zelensky.

Reznikov sendiri mengundurkan diri Senin (4/9/2023), sehari setelah Presiden Vladimir Zelensky mengumumkan rencana untuk mengganti pejabat tersebut.

Anggota parlemen Ukraina dengan suara mayoritas memilih untuk memecat Aleksey Reznikov dari tugasnya sebagai menteri pertahanan.

Reznikov sendiri mengajukan pengunduran dirinya pada hari Senin, sehari setelah Presiden Volodymyr Zelensky mengumumkan rencana untuk mengganti pejabat tersebut.

Baca juga: Dugaan Korupsi Lengserkan Aleksey Reznikov dari Menhan Ukraina, Gantinya Ekstrimis dari Krimea

Penghitungan suara, yang dibagikan di media sosial oleh seorang anggota parlemen, menunjukkan 327 suara mendukung pemecatan Reznikov, dan hanya empat suara yang menentang.

Reznikov memegang jabatan tersebut sejak November 2021. Dia menghadiri sidang parlemen untuk memberi pengarahan kepada badan legislatif tentang apa yang dia anggap sebagai pencapaian utamanya selama menjabat, seperti mendapatkan bantuan militer Barat dalam jumlah besar untuk melawan Rusia.

Selama masa jabatannya, Kementerian Pertahanan terlibat dalam beberapa skandal korupsi. Pada berbagai tahap, pejabat senior dituduh menyediakan makanan untuk tentara dengan harga yang melambung, dan membayar perusahaan yang meragukan untuk pasokan yang ternyata di bawah standar atau tidak pernah sampai.

BERITA TERKAIT

Salah satu skandal baru-baru ini melibatkan seorang kepala wajib militer regional, yang dituduh memperoleh dana ilegal senilai jutaan dolar.

Beberapa media Barat menyatakan bahwa kegagalan Reznikov dalam mengendalikan pelanggaran, yang berpotensi melemahkan kampanye militer Kiev melawan Moskow, adalah alasan utama pemecatannya.

Politico menggambarkan pemecatan itu sebagai sinyal kuat bahwa Ukraina “serius dalam memberantas korupsi”.

Baca juga: Ukraina Tutup Kemungkinan Perjanjian Gandum Laut Hitam

Situs berita AS The Hill mengatakan departemen di bawah Reznikov “diganggu” dengan tuduhan-tuduhan, sehingga membuat banyak orang skeptis mengenai pekerjaannya di masa depan.

Beberapa kritikus yang lebih vokal menuduh bahwa Reznikov adalah peserta aktif dalam skema korupsi, dan terlindungi dari tuntutan karena kedekatannya dengan presiden.

Zelensky menjelaskan keputusannya untuk memecat Reznikov pada hari Minggu, dengan mengatakan Kementerian Pertahanan memerlukan “pendekatan baru.”

Pemimpin Ukraina tersebut menyebut Rustem Umerov sebagai kandidat pilihannya untuk menduduki jabatan tersebut. Pengusaha Ukraina itu sebelumnya memimpin Dana Milik Negara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas