Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Gempa Maroko: 820 Orang Tewas, 670 Orang Luka-luka, Bangunan Bersejarah Runtuh

Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter melanda Maroko dan menewaskan sedikitnya 820 orang, melukai lebih dari 670 orang.

Penulis: Farrah Putri Affifah
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Update Gempa Maroko: 820 Orang Tewas, 670 Orang Luka-luka, Bangunan Bersejarah Runtuh
FADEL SENNA / AFP
Warga mengungsi melalui reruntuhan di kota tua Marrakesh yang rusak akibat gempa pada 9 September 2023. Gempa bumi dahsyat yang mengguncang Maroko pada akhir 8 September menewaskan lebih dari 600 orang, menurut angka kementerian dalam negeri, membuat warga yang ketakutan meninggalkan rumah mereka di tengah-tengah bencana. malam. FADEL SENNA / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter melanda Maroko dan menewaskan sedikitnya 820 orang, melukai lebih dari 670 orang.

Selain itu, gempa yang mengguncang Maroko ini juga merusak bangunan-bangunan bersejarah dari desa-desa di Pegunungan Atlas hingga kota bersejarah Marrakesh, dikutip dari AP News.

Menurut Kementerian Dalam Negeri, 205 korban luka-luka dalam kondisi kritis saat ini, dikutip dari Aljazeera.

Kota yang paling terdampak akibat gempa yang melanda Maroko ini adalah kota Marrakesh.

Marakkesh merupakan kota besar yang paling dekat dengan pusat gempa.

Salah seorang warga Marrakesh menjelaskan beberapa bangunan runtuh di kota tua tersebut, yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

Baca juga: Gempa M 6,9 Guncang Maroko Hari Ini, Kerusakan Parah Terjadi di Kota Marrakesh

Stasiun televisi lokal menyiarkan gambar menara masjid yang runtuh, dengan puing-puing tergeletak di atas mobil yang hancur, dikutip dari News Sky.

BERITA TERKAIT

Sementara orang-orang di sekitar terlihat berteriak-teriak saat berlarian keluar pusat perbelanjaan dan restoran.

Media lokal juga melaporkan, jalan-jalan menuju kawasan pegunungan dipenuhi kendaraan dan terhalang oleh batu-batu yang runtuh, sehingga memperlambat upaya penyelamatan.

Menurut Survei Geologi AS, pusat gempa berada di Pegunungan Atlas Tinggi, 71 km (44 mil) barat daya Marrakesh, pada kedalaman 18,5 km.

Warga mengungsi melalui reruntuhan di kota tua Marrakesh yang rusak akibat gempa pada 9 September 2023. Gempa bumi dahsyat yang mengguncang Maroko pada akhir 8 September menewaskan lebih dari 600 orang, menurut angka kementerian dalam negeri, membuat warga yang ketakutan meninggalkan rumah mereka di tengah-tengah bencana. malam. FADEL SENNA / AFP
Warga mengungsi melalui reruntuhan di kota tua Marrakesh yang rusak akibat gempa pada 9 September 2023. Gempa bumi dahsyat yang mengguncang Maroko pada akhir 8 September menewaskan lebih dari 600 orang, menurut angka kementerian dalam negeri, membuat warga yang ketakutan meninggalkan rumah mereka di tengah-tengah bencana. malam. FADEL SENNA / AFP (FADEL SENNA / AFP)

Gempa yang melanda Maroko ini terjadi pada pukul 23.11 waktu setempat, dikutip dari BBC.

Terjadi gempa susulan 19 menit kemudian dengan magnitudo 4,9.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan gempa tersebut menewaskan banyak orang di provinsi dan kotamadya al-Haouz, Marrakesh, Ouarzazate, Azilal, Chichaoua dan Taroudant.

Jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah sepanjang hari karena semakin banyak orang yang berhasil ditemukan dari reruntuhan.

Gempa dirasakan hingga Portugal dan Aljazair.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Artikel Lain Terkait Gempa Maroko

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas