Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Greta Thunberg Ditangkap Polisi untuk Kedua Kalinya Gegara Demo di Pelabuhan Minyak Swedia

Aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg didakwa tidak mematuhi perintah polisi untuk meninggalkan demo di pelabuhan minyak Swedia.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Greta Thunberg Ditangkap Polisi untuk Kedua Kalinya Gegara Demo di Pelabuhan Minyak Swedia
Andreas HILLERGREN / TT News Agency / AFP
Aktivis iklim Greta Thunberg dibawa pergi oleh petugas polisi setelah dia mengambil bagian dalam aksi iklim baru di Oljehamnen di Malmo, Swedia pada 24 Juli 2023, tak lama setelah pengadilan distrik kota itu memvonis dan menjatuhkan hukuman denda karena tidak mematuhi polisi di rapat umum bulan lalu selama aksi iklim di lingkungan Norra hamnen di Malmo. Thunberg didenda pada hari Senin karena tidak mematuhi polisi pada rapat umum bulan lalu, namun mengatakan dia bertindak karena kebutuhan karena krisis iklim. Aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg didakwa tidak mematuhi perintah polisi untuk meninggalkan demo di pelabuhan minyak Swedia. Andreas HILLERGREN / TT News Agency / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg didakwa tidak mematuhi perintah polisi untuk meninggalkan protes di pelabuhan minyak Swedia.

Dilansir BBC International, ini adalah kedua kalinya Greta Thunberg ditangkap oleh polisi karena kasus serupa.

Pada Juli lalu, perempuan berusia 20 tahun itu didenda akibat enggan meninggalkan protes di jalan transportasi minyak dari pelabuhan Malmo.

Setelah putusan tersebut, Greta dan aktivis lainnya tak kapok, mereka kembali ke pelabuhan dan kembali diamankan oleh polisi.

Baca juga: Tingkatkan Literasi di Era Digital, Swedia Dorong Kegiatan Menulis Tangan

Sidang kedua sang aktivis lingkungan itu dijadwalkan pada 27 September 2023.

Jaksa penuntut Swedia, Isabel Ekberg, mengatakan demonstrasi pada 24 Juli 2023 tidak diizinkan dan mengganggu lalu lintas.

Greta berdemonstrasi di pelabuhan di Swedia selatan bersama kelompok Reclaim the Future.

BERITA TERKAIT

Mereka berusaha mencegah lalu lintas keluar masuk, untuk memprotes penggunaan bahan bakar fosil.

Protes ini terjadi beberapa jam setelah Thunberg dinyatakan bersalah dan didenda 2.500 Krona Swedia (Rp3,4 juta) untuk protes di pelabuhan yang sama pada 19 Juni lalu.

greta thunberg ditangkap polisi
Aktivis iklim Greta Thunberg dibawa pergi oleh petugas polisi setelah dia mengambil bagian dalam aksi iklim baru di Oljehamnen di Malmo, Swedia pada 24 Juli 2023, tak lama setelah pengadilan distrik kota itu memvonis dan menjatuhkan hukuman denda karena tidak mematuhi polisi di rapat umum bulan lalu selama aksi iklim di lingkungan Norra hamnen di Malmo. Thunberg didenda pada hari Senin karena tidak mematuhi polisi pada rapat umum bulan lalu, namun mengatakan dia bertindak karena kebutuhan karena krisis iklim. Andreas HILLERGREN / TT News Agency / AFP

Kejadian Sebelumnya

Kelompok Ta Tillbaka Framtiden atau Reclaim the Future memblokade pelabuhan Malmo selama enam hari pada bulan Juni.

Beberapa pengunjuk rasa naik ke atas kapal tanker minyak.

"Krisis iklim sudah menjadi masalah hidup dan mati bagi banyak orang," tulis Greta di Instagram pada bulan Juni ketika dia bergabung dalam protes tersebut.

"Kami memilih untuk tidak hanya menjadi pengamat, dan sebaliknya secara fisik menghentikan infrastruktur bahan bakar fosil."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas