Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertempuran Sengit Rusia vs Ukraina Bikin Andriivka Rata Tanah, Kiev atau Moskow yang Menang?

wakil menteri pertahanan Ukraina Ganna Malyar menarik kembali pengumuman pada hari sebelumnya bahwa Kyiv telah merebut kembali Andriivka.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pertempuran Sengit Rusia vs Ukraina Bikin Andriivka Rata Tanah, Kiev atau Moskow yang Menang?
Anatolii Stepanov / AFP
Prajurit Ukraina dari Brigade Serangan Gunung ke-10 "Edelweiss" menembakkan peluncur roket multipel BM-21 'Grad' ke arah posisi Rusia di dekat Bakhmut di wilayah Donetsk pada 13 Juni 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Anatolii Stepanov / AFP 

Pertempuran Sengit Rusia vs Ukraina Bikin Andriivka Rata Tanah, Kiev atau Moskow yang Menang?

TRIBUNNEWS.COM - Militer Rusia mengumumkan kalau pasukannya masih berada dan belum terusir dari Andriivka, sebuah desa dekat kota garis depan utama Bakhmut.

Pengumuman itu dibuat Militer Rusia pada Sabtu (16/9/2023), sehari setelah Ukraina mengatakan pihaknya telah merebut lokasi tersebut dan menimbulkan kerugian besar pada pasukan Moskow.




Andriivka terletak sekitar 14 kilometer (sembilan mil) selatan Bakhmut di wilayah Donetsk, tempat Kiev melancarkan serangan balasan terhadap pasukan Moskow sejak Juni.

Baca juga: Belum Jadi Anggota, Ukraina Sudah Dapat Musuh dari Anggota NATO, Polandia Gerah Gandum Murah

Staf Umum Ukraina mengatakan pada Jumat bahwa desa tersebut kembali berada di bawah kendali Ukraina.

Namun dalam buletin hariannya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, "Di sektor Donetsk, musuh… terus melakukan serangan… sia-sia mencoba mengusir pasukan Rusia di wilayah Andriivka dan Klishchiivka.”

Pernyataan tersebut menambah kebingungan seputar situasi di desa tersebut, yang hanya memiliki beberapa lusin penduduk sebelum invasi Rusia.

BERITA TERKAIT

Pada Kamis, wakil menteri pertahanan Ukraina Ganna Malyar menarik kembali pengumuman pada hari sebelumnya bahwa Kyiv telah merebut kembali Andriivka.

Penarikan kembali klaim kemenangan setelah pasukan Ukraina di lapangan mengatakan pertempuran sedang berlangsung.

Prajurit Ukraina dari Brigade Serangan Gunung ke-10
Prajurit Ukraina dari Brigade Serangan Gunung ke-10 "Edelweiss" mengubah posisi setelah menembakkan roket dari peluncur roket berganda BM-21 'Grad' menuju posisi Rusia, dekat Bakhmut di wilayah Donetsk pada 13 Juni 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Anatolii Stepanov / AFP (Anatolii Stepanov / AFP)

Di televisi Ukraina pada Jumat, juru bicara brigade yang bertempur di daerah tersebut mengatakan desa tersebut “hancur total,” dan menambahkan bahwa “Andriivka sudah tidak ada lagi.”

Bakhmut, kota terdekat yang pernah menjadi rumah bagi sekitar 70.000 orang, direbut oleh pasukan Rusia pada bulan Mei setelah salah satu pertempuran terpanjang dan paling berdarah dalam invasi Rusia.

Namun, pasukan Ukraina segera mulai melakukan serangan balik di sekitar sisi utara dan selatan kota dan mengklaim terus meraih kemajuan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas