Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Vladimir Putin akan ke China Temui Xi Jinping, Perjalanan Pertama sejak jadi Buronan ICC

Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan melakukan perjalanan ke China pada bulan Oktober 2023 untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Nuryanti
zoom-in Vladimir Putin akan ke China Temui Xi Jinping, Perjalanan Pertama sejak jadi Buronan ICC
Mikhail METZEL / POOL / AFP
Gambar kumpulan yang didistribusikan oleh agen Sputnik ini menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mitranya dari Belarusia di Sochi pada 15 September 2023. - Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan melakukan perjalanan ke China pada bulan Oktober 2023 untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan melakukan perjalanan ke China pada bulan Oktober 2023.

Di Beijing, Putin akan bertemu dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, lapor kantor berita Interfax.

Dilansir Al Jazeera, apabila Putin benar-benar ke China, itu akan menjadi perjalanan pertama Presiden Rusia ke luar negeri sejak ditetapkan sebagai buronan oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

ICC telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Putin per Maret 2023 yang lalu.

Lebih jauh, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev, mengatakan Rusia ingin mengembangkan hubungan dengan Tiongkok.

“Rusia berkomitmen terhadap perkembangan progresif dan penguatan hubungan Rusia-Tiongkok,” kata Patrushev.

Ia menambahkan kedua negara memiliki “kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis”.

Baca juga: Selain Bertukar Senapan dengan Vladimir Putin, Kim Jong Un Terima Hadiah Drone dari Pejabat Rusia

Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kiri, dan Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan saat mereka berpose sebelum pembicaraan mereka di kosmodrom Vostochny di luar kota Tsiolkovsky, sekitar 200 kilometer (125 mil) dari kota Blagoveshchensk di wilayah Amur timur jauh, Rusia, Rabu, 13 September 2023. Jurnalis independen tidak diberi akses untuk meliput peristiwa yang digambarkan dalam gambar yang didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara ini. Isi gambar ini adalah seperti yang disediakan dan tidak dapat diverifikasi secara independen. Tanda air berbahasa Korea pada gambar yang disediakan oleh sumber berbunyi:
Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kiri, dan Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan saat mereka berpose sebelum pembicaraan mereka di kosmodrom Vostochny di luar kota Tsiolkovsky, sekitar 200 kilometer (125 mil) dari kota Blagoveshchensk di wilayah Amur timur jauh, Rusia, Rabu, 13 September 2023. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP) (AP/?????)
BERITA TERKAIT

"Kami menantikan pembicaraan bilateral menyeluruh antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada bulan Oktober," kata Patrushev.

Pernyataan tersebut ia sampaikan pada pertemuan dengan diplomat tinggi TIongkok, Wangi di Moskow.

Diplomat China Kunjungi Rusia

Sementara, diplomat China melakukan kunjungan ke Rusia setelah Presiden Korea Utara, Kim Jong Un bertemu Presiden Vladimir Putin.

Diplomat terkemuka China, Wang Yi bakal melakukan kunjungan ke Rusia untuk melakukan pembicaraan keamanan pada 18-21 September 2023.

Dikutip dari BBC, media Rusia menyebut kunjungan Wang Yi juga akan membuka jalan bagi Putin untuk melakukan perjalanan penting ke Beijing dalam waktu dekat.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Wang berada di Rusia selama empat hari untuk "konsultasi keamanan strategis".

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas