Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Percaya Orang Dalam, Putin Mulai Abaikan Saran Jenderal Perangnya: Nuklir Cuma Gertak Sambal

Presiden Rusia Vladimir Putin mengambil keputusan-keputusan penting mengenai perang di Ukraina secara mandiri tanpa masukan dari para jenderalnya.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Tak Percaya Orang Dalam, Putin Mulai Abaikan Saran Jenderal Perangnya: Nuklir Cuma Gertak Sambal
Mikhail METZEL / POOL / AFP
Gambar kumpulan yang didistribusikan oleh agen Sputnik ini menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mitranya dari Belarusia di Sochi pada 15 September 2023. 

Tak Percaya Orang Dalam, Putin Mulai Abaikan Saran Jenderal Perangnya, Rusia Ogah Hantam NATO Pakai Nuklir?

TRIBUNNEWS.COM - Lembaga analis dan geopolitik RAND Corporation yang berbasis di Amerika Serikat (AS) menilai Presiden Rusia Vladimir Putin mengambil keputusan-keputusan penting mengenai perang di Ukraina secara mandiri.

Keputusan Putin terkait hal strategis perang itu dilakukan tanpa masukan dari para jenderalnya.

"Putin selama ini mengabaikan para jenderalnya dan mengarahkan perangnya sendiri," kata para analis dalam sebuah laporan yang diterbitkan pekan lalu.

Baca juga: Rusia Rekrut Napi Jadi Umpan Peluru, Putin: Mereka yang Tewas di Ukraina Tebus Kesalahan Sepenuhnya

Namun dalam melakukan hal tersebut, tulis ulasan tersebut, Vladimir Putin terbukti lebih berhati-hati dari yang diprediksi.

“Putin mengambil sebagian besar keputusan penting sendirian tanpa pengaruh besar dari Staf Umum Angkata Bersenjata Rusia,” kata para analis dalam laporan tersebut.

RAND mengatakan hal itu terjadi karena Putin tidak mempercayai orang-orang di sekitarnya.

BERITA REKOMENDASI

"Sehingga dia sedikit menggunakan keahlian ekonomi atau militer yang dimilikinya," tulis ulasan tersebut.

Analis Barat itu sebelumnya mengatakan, para pemimpin militer Rusia, termasuk Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, kemungkinan besar menyembunyikan berita buruk tentang perang melawan Ukraina dari Putin karena mereka semakin khawatir akan konsekuensinya bagi diri mereka sendiri.

Dara Massicot, peneliti kebijakan senior di RAND Corporation yang berfokus pada Rusia, menulis dalam opini New York Times pada bulan Juli bahwa ada “suasana kecurigaan dan ketidakpastian” di Kremlin.

Dia menulis bahwa Putin "cepat menyalahkan pengkhianat" dan "self-censorship di kalangan pemimpin militer kemungkinan akan menjadi lebih sering terjadi," katanya.

Dalam foto kumpulan yang didistribusikan oleh badan milik negara Rusia Sputnik, Presiden Vladimir Putin memimpin pertemuan dengan anggota tetap Dewan Keamanan melalui tautan video di Moskow, pada 14 September 2023.
Dalam foto kumpulan yang didistribusikan oleh badan milik negara Rusia Sputnik, Presiden Vladimir Putin memimpin pertemuan dengan anggota tetap Dewan Keamanan melalui tautan video di Moskow, pada 14 September 2023. (Pavel Byrkin / POOL / AFP)

Nuklir Cuma Gertak Sambal

Laporan RAND mengatakan bahwa, bahkan dalam isolasinya, Putin kurang bersemangat untuk menghadapi NATO, meskipun NATO terus mendukung Ukraina.

"Namun hal ini tidak berarti bahwa dia akan terus melakukan hal yang sama di masa depan," demikian peringatan RAND.

“Jika kerugian teritorial, personel, dan material Rusia terus meningkat tanpa perbaikan di medan perang, ia akan menghadapi serangkaian pilihan yang tidak menyenangkan, termasuk negosiasi dari posisi yang lemah, mobilisasi yang lebih luas dan berpotensi mengganggu stabilitas, atau upaya yang lebih kejam untuk memastikan keamanan internal. kendali,” katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas