Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belanda: Danai Ukraina Jadi Cara Termurah Cegah Rusia Invasi NATO

Menteri Pertahanan Belanda, Ollongren, mengatakan mendanai perang Ukraina menjadi cara termurah untuk mencegah rezim Putin di Rusia menginvasi NATO.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Belanda: Danai Ukraina Jadi Cara Termurah Cegah Rusia Invasi NATO
Grigory SYSOYEV / POOL / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato di tahap akhir Olimpiade Internasional ke-3 tentang Keamanan Finansial di Taman Sains dan Seni Sirius pada 4 Oktober 2023. -- Menhan Belanda mengatakan mendanai Ukraina dalam perang adalah cara termurah lindungi NATO dari ancaman Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pertahanan Belanda, Kajsa Ollongren, mengatakan memberikan dana bantuan ke Ukraina adalah cara termurah untuk mencegah Rusia menginvasi negara NATO.

Ia optimis NATO dapat mempertahankan bantuan ke Ukraina meski tanpa Amerika Serikat (AS) karena krisis anggaran di Washington.

"Sekutu NATO telah mempercepat dukungan yang mengejutkan Ukraina, yang tentunya mengejutkan (Presiden Rusia Vladimir) Putin dan Kremlin," kata Kajsa Ollongren di Forum Keamanan Warsaw (WSF) di Warsawa, Polandia, Rabu (4/10/2023).

"Kami juga mengejutkan diri kami sendiri. Kami mampu melakukan banyak hal dan sudah membuktikannya selama satu setengah tahun terakhir. Satu-satunya hal yang harus kami lakukan adalah mempertahankannya," lanjutnya.

Menteri Pertahanan Belanda itu juga mengkhawatirkan krisis anggaran di AS, yang berdampak pada dana bantuan untuk Ukraina.

"Saya pikir kita harus mengatasi kekhawatiran itu," katanya, dikutip dari AA.

Baca juga: Sevastopol Rentan Rudal Ukraina, Rusia Bikin Pangkalan Baru Angkatan Laut di Eks-Wilayah Georgia

Danai Ukraina adalah Cara Lindungi NATO

BERITA REKOMENDASI

Dukungan untuk Ukraina melawan Rusia adalah cara yang sangat murah untuk memastikan rezim Vladimir Putin tidak menjadi ancaman bagi NATO, menurut Menhan Belanda Kajsa Ollongren.

Menurutnya, anggota NATO tidak bisa menunggu ketidakpastian AS yang sedang krisis anggaran.

“Kita tidak bisa berpura-pura bahwa kita hanya akan menunggu dan melihat bagaimana pemilu Amerika berlangsung,” katanya, Rabu (4/10/2023).

NATO, menurut Menteri itu, seharusnya berdialog dengan AS terkait kelanjutan bantuan untuk Ukraina.

“Tentu saja karena mereka mempunyai kepentingan yang sama, mendukung Ukraina adalah cara yang sangat murah untuk memastikan bahwa Rusia dengan rezim ini bukanlah ancaman terhadap aliansi NATO,"

Foto ini didistribusikan oleh lembaga milik negara Rusia Sputnik menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato video untuk memberi selamat kepada para guru, mentor, dan pendidik pada Hari Guru di Kremlin di Moskow pada 5 Oktober 2023.
Foto ini didistribusikan oleh lembaga milik negara Rusia Sputnik menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato video untuk memberi selamat kepada para guru, mentor, dan pendidik pada Hari Guru di Kremlin di Moskow pada 5 Oktober 2023.-- Rusia dianggap sebagai ancaman bagi NATO. (Mikhail Metzel / POOL / AFP)

Baca juga: Beredar Video Pendaratan Amfibi Pasukan Khusus Ukraina di Krimea: Korban Tentara Rusia Lebih Banyak

Karena alasan keamanan bagi AS dan anggota NATO di Eropa, dukungan untuk Ukraina menjadi sangat penting.

"Sangat penting untuk melanjutkan dukungan itu,” ujarnya, dikutip dari Ruetir.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas