Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

11 Foto Dramatis Serangan Operasi Badai Al-Aqsa Hamas, Penghinaan Bagi Intelijen Israel Mossad

Serangan terkoordinasi dari Hamas ini dinilai analis keamanan merupakan penghinaan bagi intelijen Israel, jaringan mata-mata yang terkenal legendaris.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in 11 Foto Dramatis Serangan Operasi Badai Al-Aqsa Hamas, Penghinaan Bagi Intelijen Israel Mossad
Amir Cohen/REUTERS
Seorang pria berlari di jalan ketika api berkobar setelah roket diluncurkan Hamas dari Jalur Gaza, di Ashkelon, Israel, Sabtu (7/10/2023). 

11 Foto Mencengangkan Serangan Operasi Badai Al-Aqsa Hamas, Penghinaan Bagi Intelijen Israel yang Legendaris

TRIBUNNEWS.COM - Gelombang serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya menerpa wilayah Israel yang membuatnya panik dan menetapkan status darurat perang, Sabtu (7/10/2023).

Serangan terkoordinasi dari Hamas ini dinilai analis keamanan merupakan penghinaan bagi intelijen Israel, jaringan mata-mata yang terkenal legendaris.

Seperti dilaporkan, Israel diguncang oleh gelombang serangan pejuang Hamas yang dilaporkan bernama Operation Al-Aqsa Strom atau Operasi Badai Al-Aqsa dengan menembakkan ribuan roket ke wilayah Israel.

Tak cuma roket, pejuang Hamas juga dilaporkan sukses menyusup dan dengan persenjataan bisa berkeliaran di jalan-jalan.

Baca juga: Video Ratusan Warga Israel Berteriak Panik dan Berlarian di Gurun Saat Diserbu Pejuang Palestina

Para pengamat menilai, aksi tidak terduga Hamas ini merupakan buah kegagalan Israel dalam mengantisipasi serangan tersebut.

Analis menilai, serangan terkoordinasi Hamas dari darat, laut, dan udara kemungkinan besar memerlukan perencanaan rumit selama berbulan-bulan.

BERITA TERKAIT

Perencanaan rumit dari serangan ini lah yang dianggap sebagai penghinaan bagi badan intelijen Intelijen Israel yang terkenal canggih.

“Seluruh Israel bertanya pada dirinya sendiri: Dimana IDF? Di mana polisi? Di mana keamanannya?” kata Eli Maron, mantan kepala Angkatan Laut Israel, kepada saluran berita Channel 12, dilansir The Times of Israel.

“Ini adalah kegagalan yang sangat besar; hierarki telah gagal, dengan konsekuensi yang sangat besar.”

BERLARIAN KABUR - Tangkap layar video yang menunjukkan ratusan warga Israel melarikan diri dari sebuah festival keagamaan di padang pasir karena panik saat militan Palestina menyerbu tempat tersebut.
BERLARIAN KABUR - Tangkap layar video yang menunjukkan ratusan warga Israel melarikan diri dari sebuah festival keagamaan di padang pasir karena panik saat militan Palestina menyerbu tempat tersebut. (twitter)

Mossad yang Legendaris Gagal Mencegah Serangan

Menurut koresponden bidang keamanan BBC, Frank Gardner, Israel terkenal memiliki salah satu jaringan intelijen paling canggih di Timur Tengah, Mossad.

Jaringan intelijen Mossad disebutkan terdiri dari beberapa lembaga dan informasi penting yang tertanam dalam kelompok militan di seluruh wilayah tersebut.

Dia mengatakan bahwa kemampuan Hamas untuk melakukan serangan terkoordinasi ini tampaknya dilakukan dengan sangat rahasia" menunjukkan bahwa Israel "tertidur di belakang kemudi".

Pejabat pemerintah Israel mengatakan kepada Gardner bahwa penyelidikan besar-besaran sedang dilakukan mengenai bagaimana intelijen Israel gagal mengantisipasi serangan tersebut.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas