Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bumi Hangus Israel di Gaza Tak Pengaruhi Hamas, Tantang Tentara Yahudi Perang Ala Vietcong

Serangan Israel yang membumihanguskan Kota Gaza disebut hanya berpengaruh kecil terhadap pasukan Hamas.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bumi Hangus Israel di Gaza Tak Pengaruhi Hamas, Tantang Tentara Yahudi Perang Ala Vietcong
AFP/SAID KHATIB
Seorang pemuda Palestina merangkak di terowongan Hamas di kamp pelatihan yang dijalankan oleh gerakan Hamas di Khan Yunis, di Jalur Gaza selatan. (SAID KHATIB/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM – Serangan Israel yang membumihanguskan Kota Gaza disebut hanya berpengaruh kecil terhadap pasukan Hamas..

Pasalnya, Hamas telah membangun terowongan dengan jumlah banyak dan panjang ratusan kilometer. Mereka kini menantang perang dengan negara zionis tersebut berperang ala Vietcong.

Jaringan terowongan Hamas yang panjangnya ratusan kilometer dan kedalaman hingga 80 meter, yang digambarkan oleh seorang sandera yang dibebaskan sebagai “jaring laba-laba” dan oleh seorang ahli sebagai “Vietnam” Kong kali 10”.

Baca juga: Rusia Undang Pejabat Iran dan Hamas Ngobrol di Moskow, Israel Mencak-mencak




Sumber-sumber keamanan Israel mengatakan pemboman udara besar-besaran Israel hanya menyebabkan sedikit kerusakan pada infrastruktur terowongan.

Dilaporkan Al Arabiya, komando angkatan laut Hamas mampu melancarkan serangan lintas laut yang menargetkan masyarakat pesisir dekat Gaza minggu ini.

“Meskipun kami telah melakukan serangan besar-besaran selama berhari-hari, kepemimpinan (Hamas) cukup utuh, begitu pula dengan kemampuan untuk memerintah dan mengendalikan, bahkan kemampuan untuk mencoba dan melancarkan serangan balasan,” kata Amir Avivi, mantan brigadir jenderal yang posisi seniornya di militer Israel termasuk wakil komandan divisi Gaza, yang bertugas menangani terowongan.

“Ada seluruh kota di seluruh Gaza di bawahnya dengan kedalaman 40-50 meter. Ada bunker, markas besar, dan penyimpanan, dan tentu saja semuanya terhubung dengan lebih dari seribu posisi peluncuran roket.”

BERITA TERKAIT

Sumber lain memperkirakan kedalamannya mencapai 80 meter.

Salah satu sumber keamanan Barat mengatakan: “Mereka berlari bermil-mil. Mereka terbuat dari beton dan dibuat dengan sangat baik. Bayangkan masa Viet Cong 10. Mereka punya waktu bertahun-tahun dan banyak uang untuk digunakan.”

Israel Belum Pengalaman

Kelompok Palestina memiliki berbagai jenis terowongan yang membentang di bawah garis pantai berpasir seluas 360 km persegi dan perbatasannya – termasuk terowongan penyerangan, penyelundupan, penyimpanan dan operasional, kata sumber-sumber Barat dan Timur Tengah yang mengetahui masalah tersebut.

Amerika Serikat yakin pasukan khusus Israel akan menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena harus memerangi militan Hamas sambil berusaha menghindari pembunuhan sandera yang ditahan di bawah tanah, kata seorang pejabat AS.

Baca juga: Senior Hamas: AS Bisa Terlibat Perang Israel, Kami Tolak Bebaskan Sandera Militer

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mencatat bahwa pertempuran Irak selama sembilan bulan untuk merebut kembali kota Mosul dari ISIS mungkin terbukti lebih mudah daripada apa yang menunggu Israel – kemungkinan besar adalah “banyak IED (alat peledak improvisasi), banyak jebakan, dan hanya aktivitas yang sangat berat”.

Meskipun Israel telah banyak berinvestasi dalam deteksi terowongan – termasuk penghalang bawah tanah yang dilengkapi sensor yang disebut “dinding besi” – Hamas masih dianggap memiliki terowongan yang berfungsi untuk mengakses dunia luar.

Setelah putaran terakhir permusuhan pada tahun 2021, pemimpin Hamas di Gaza, Yehya Al-Sinwar, mengatakan: “Mereka mulai mengatakan bahwa mereka menghancurkan 100 km terowongan Hamas. Saya beritahu Anda, terowongan yang kami miliki di Jalur Gaza melebihi 500 km. Meskipun narasi mereka benar, mereka hanya menghancurkan 20 persen terowongan.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas