Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Joe Biden Serukan Jeda Perang Gaza setelah Diprotes Pemimpin Yahudi AS

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyerukan jeda perang Gaza setelah diprotes Rabbi Yahudi AS. Namun, Joe Biden menolak gencatan senjata.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Joe Biden Serukan Jeda Perang Gaza setelah Diprotes Pemimpin Yahudi AS
ANDREW CAballero-REYNOLDS / AFP
Presiden AS Joe Biden berbicara tentang agenda Bidenomics di Dutch Creek Farms di Northfield, Minnesota, pada 1 November 2023. --- Joe Biden menyerukan jeda kemanusiaan di Gaza setelah diprotes oleh Rabbi, guru spiritual Yudaisme. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan perlunya jeda kemanusiaan sementara dalam perang Isreal-Hamas Palestina di Gaza.

Jeda kemanusiaan sementara ini bukan gencatan senjata, namun hanya memberikan waktu untuk memungkinan evakuasi orang-orang di Gaza.

Seruan Joe Biden itu terjadi setelah seorang Rabbi, pemimpin spiritual atau guru agama Yudaisme, memprotes agar AS menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Joe Biden sedang berbicara di hadapan sekitar 200 orang ketika Rabbi Jessica Rosenberg berteriak padanya.

“Jika Anda peduli dengan orang-orang Yahudi, sebagai seorang Rabbi, saya ingin Anda menyerukan gencatan senjata sekarang juga,” kata Rabbi bernama Jessica Rosenberg di acara penggalangan dana yang dihadiri Joe Biden, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: Begini Citra Satelit Kehancuran di Kamp Pengungsi Jabalia Palestina Setelah Dibom oleh Israel

Rabbi Jessica Rosenberg menuntut penghentian total permusuhan di Gaza antara Hamas Palestina dan Israel.

Insiden itu terekam dalam video dan dibagikan oleh akun Jewish Voice for Peace di X (Twitter).

BERITA REKOMENDASI

Akun tersebut mengklaim Rabbi Jessica Rosenberg berbicara atas nama ribuan warga Yahudi Amerika yang menolak membiarkan genosida dilakukan atas nama mereka (Yahudi).

"Saya yakin kita perlu jeda untuk memberi waktu untuk mengeluarkan para tahanan,” kata Joe Biden, yang mengacu pada warga negara asing yang saat ini terjebak di Gaza dan sandera Hamas.

Seorang guru spiritual Yudaisme, Rabbi Jessica Rosenberg, menyela perkataan Presiden AS Joe Biden dalam acara penggalangan dana di AS pada Rabu (1/11/2023). Rabbi Jessica Rosenberg menyerukan gencatan senjata di Gaza untuk menghentikan genosida Israel terhadap warga Palestina.
Seorang guru spiritual Yudaisme, Rabbi Jessica Rosenberg, menyela perkataan Presiden AS Joe Biden dalam acara penggalangan dana di AS pada Rabu (1/11/2023). Rabbi Jessica Rosenberg menyerukan gencatan senjata di Gaza untuk menghentikan genosida Israel terhadap warga Palestina. (Twitter Jewish Voice for Peace @jvplive)

Setelah memprotes Joe Biden, Rabbi Jessica Rosenberg kemudian dikawal keluar dari lokasi.

Joe Biden kemudian mengatakan, dia memahami emosi Rabbi Jessica Rosenberg dan mengakui situasi ini sangat rumit bagi Israel dan dunia Muslim.

“Saya mendukung solusi dua negara; Saya sudah melakukannya sejak awal,” kata Joe Biden, dikutip dari The Guardian.

“Namun, faktanya Hamas adalah organisasi terlarang. Sebuah ancaman yang nyata,” lanjutnya.

AS Serukan Jeda Kemanusiaan, tapi Kirim Bantuan Militer ke Israel

Presiden AS Joe Biden berbicara tentang agenda Bidenomics di Dutch Creek Farms di Northfield, Minnesota, pada 1 November 2023.
Presiden AS Joe Biden berbicara tentang agenda Bidenomics di Dutch Creek Farms di Northfield, Minnesota, pada 1 November 2023. (ANDREW CAballero-REYNOLDS / AFP)

Baca juga: Pengungsi Gelombang Pertama Tinggalkan Gaza Menuju Mesir, Israel Serang Kamp Pengungsi Jabalia Lagi

Joe Biden menyerukan jeda kemanusiaan untuk mengevakuasi warga asing dan sandera dari Gaza, namun AS juga bersedia mengirim bantuan militer ke Israel di tengah meningkatnya serangan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas