Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jurnalis Filipina Ditembak Mati saat Siaran Radio, Pelaku Masih Buron

Jurnalis Filipina Juan Jumalon ditembak mati saat siaran radio. Pelaku masih buron dan polisi menyelidiki kasus pembunuhan itu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Jurnalis Filipina Ditembak Mati saat Siaran Radio, Pelaku Masih Buron
Facebook/94.7 Calamba Gold FM
Cuplikan siaran langsung ketika jurnalis Filipina, Juan Jumalon (57), yang dikenal sebagai DJ Johnny Walker, ditembak mati di dalam studio rumahnya pada Minggu (5/11/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Jurnalis Filipina, Juan Jumalon (57) yang juga dikenal sebagai DJ Johnny Walker, ditembak mati saat melakukan siaran di radio di studio rumahnya di kota Calamba, Filipina, Minggu (5/11/2023).

Persatuan Jurnalis Nasional Filipina (NUJP) mengatakan penembakan itu terekam dalam siaran langsung di Facebook.

Dalam keterangannya, NUJP menyebut Juan Jumalon merupakan jurnalis ke-199 yang dibunuh sejak pemulihan demokrasi pada 1986.

Siaran langsung tersebut, yang dapat ditonton oleh sekitar 2.400 pengikutnya, menunjukkan pria berusia 57 tahun itu berhenti sejenak dan melihat ke atas pada sesuatu di luar kamera sebelum dua tembakan dilepaskan.

Juan Jumalon kemudian kembali duduk di kursinya sementara musik latar masih diputar.

Dia dinyatakan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit, seperti diberitakan Al Jazeera.

Jurnalis Filipina, Juan Jumalon (57), yang dikenal sebagai DJ Johnny Walker, ditembak di dalam studio rumahnya pada Minggu (5/11/2023).
Jurnalis Filipina, Juan Jumalon (57), yang dikenal sebagai DJ Johnny Walker, ditembak di dalam studio rumahnya pada Minggu (5/11/2023). (Facebook/94.7 Calamba Gold FM)

Baca juga: Robert Card, Tersangka Penembakan Massal di Maine AS Ditemukan Tewas

Penyerang tidak terlihat dalam video tersebut, namun polisi mengatakan mereka sedang memeriksa apakah kamera keamanan yang dipasang di rumah dan di tetangganya telah merekam sesuatu.

BERITA REKOMENDASI

“Meski motifnya belum ditentukan, kami menganggap insiden ini 'terkait pekerjaan' untuk saat ini,” kata Paul Gutierrez, kepala Satuan Tugas Kepresidenan untuk Keamanan Media, dalam sebuah pernyataan, Minggu (5/11/2023).

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki motif pembunuhan tersebut dan tidak mengetahui adanya ancaman sebelumnya terhadap nyawa Juan Jumalon.

“Dia kebanyakan membahas peristiwa terkini dan tidak diketahui pernah mengkritik siapa pun dalam siarannya,” kata kepala polisi Calama Kapten Deore Ragonio kepada kantor berita AFP.

Ilustrasi garis polisi
Ilustrasi garis polisi (Freepik)

Baca juga: Penembakan Massal di Florida, 2 Orang Tewas dan 18 Lainnya Terluka, Dipicu Perkelahian Kelompok

Polisi mengatakan pembunuh mendapat akses ke studio dengan berpura-pura menjadi pendengar.

Ia kemudian menembak Juan Jumalon dua kali, merampas kalung emasnya dan melarikan diri bersama komplotannya yang menunggu di luar dengan sepeda motor.

Menanggapi kematian jurnalis itu, Presiden Filipina Marcos Jr. memerintahkan polisi untuk menyelidiki kasus pembunuhan tersebut.

“Serangan terhadap jurnalis tidak akan ditoleransi dalam demokrasi kita, dan mereka yang mengancam kebebasan pers akan menghadapi konsekuensi penuh atas tindakan mereka,” kata Presiden Filipina, Marcos Jr dalam sebuah pernyataan, Minggu (5/11/2023), dikutip dari BBC Internasional.

Filipina berada di peringkat kedelapan negara terburuk dalam hal mengadili pembunuh jurnalis, menurut Indeks Impunitas Global Komite Perlindungan Jurnalis 2023.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Filipina

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas