Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mossad Israel Bantu Polisi Brasil Gagalkan Serangan yang Diduga Direncanakan oleh Hizbullah

Badan mata-mata Israel, Mossad, mengatakan pihaknya membantu polisi Brasil menggagalkan rencana serangan Hizbullah di negara tersebut.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Daryono
zoom-in Mossad Israel Bantu Polisi Brasil Gagalkan Serangan yang Diduga Direncanakan oleh Hizbullah
AFP/ANWAR AMRO
Pejuang Hizbullah Lebanon berparade selama tur pers di desa Aaramta, Lebanon selatan, menjelang melawan Israel di Perbatasan Lebanon. Badan mata-mata Israel, Mossad, mengatakan pihaknya membantu polisi Brasil menggagalkan rencana serangan Hizbullah di negara tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM - Polisi di Brasil mengatakan pihaknya berhasil menangkap dua orang yang dicurigai sedang mempersiapkan sebuah serangan di negara tersebut.

Mengutip Aljazeera, badan mata-mata Israel, Mossad, mengeluarkan pernyataan pada Rabu (8/11/2023) malam.

Mossad mengkonfirmasi pihaknya memberikan bantuan kepada kepolisian Brasil untuk mencegah rencana serangan yang dilakukan oleh Hizbullah Lebanon.

Hizbullah disebut-sebut berencana melakukan serangan terhadap orang-orang Israel dan Yahudi di Brasil.

Mossad menambahkan bahwa badan-badan internasional lainnya juga terlibat dalam operasi tersebut, namun tidak menyebutkan siapa mereka.

Baca juga: Mau Serang Iran Pakai Drone, Tiga Agen Mossad Israel Dibekuk di Perbatasan Afghanistan

Selain menahan dua tersangka di Sao Paulo dalam sebuah operasi khusus, polisi Brasil juga mengamankan bukti mengenai kemungkinan perekrutan warga Brasil untuk melakukan tindakan ekstremis di negara tersebut.

Mereka juga melakukan 11 penggerebekan dan penyitaan di Sao Paulo, Brasilia dan negara bagian tenggara Minas Gerais, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

BERITA TERKAIT

Tidak disebutkan nama tersangka atau siapa targetnya.

Mossad mengatakan serangan yang direncanakan itu adalah bagian dari jaringan luas yang beroperasi di negara-negara lain.

Pakar keamanan telah lama melacak dugaan aktivitas Hizbullah di wilayah perbatasan antara Brasil, Argentina, dan Paraguay.

Kelompok yang didukung Iran tersebut bermarkas di Lebanon dan memiliki kursi di parlemen dan pemerintahan.

“Mengingat latar belakang perang di Gaza, Hizbullah dan rezim Iran terus beroperasi di seluruh dunia untuk menyerang sasaran Israel, Yahudi, dan Barat,” ungkap Mossad dalam pernyataannya, yang dipublikasikan di situs perdana menteri Israel.

Perang Israel-Hamas di Gaza meletus pada 7 Oktober setelah kelompok bersenjata Hamas, menewaskan sedikitnya 1.400 orang di Israel selatan dan menawan lebih dari 200 orang.

Israel sejak itu menyatakan perang terhadap Hamas dan terus menerus memborbardir Gaza.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas