Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selain Gaza Utara, Israel Jatuhkan Bom di Pom Bensin Khan Yunis, Targetkan Masjid

Selain Gaza utara, Israel menjatuhkan bom di pom bensin di Khan Yunis, Gaza selatan. Pemboman ini menewaskan 9 pengungsi.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Selain Gaza Utara, Israel Jatuhkan Bom di Pom Bensin Khan Yunis, Targetkan Masjid
FADEL SENNA / AFP
Asap mengepul selama ledakan militer Israel di Jalur Gaza utara pada 15 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. Israel juga menjatuhkan bom di Khan Yunis, Gaza selatan hari ini, Kamis (16/11/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Israel kembali melakukan pemboman di Jalur Gaza.

Pada Rabu (15/11/2023) dini hari hingga Kamis (16/11/2023), Israel mengebom sebuah pom bensin dan sebuah masjid di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, yang menewaskan sembilan orang di fasilitas publik tersebut.

Sebelumnya, puluhan warga Palestina tewas dan lainnya luka-luka pada Rabu malam dan Kamis pagi akibat serangkaian serangan udara Israel di berbagai wilayah di Jalur Gaza.

Kantor berita resmi Palestina, WAFA melaporkan, pesawat tempur Israel menargetkan sebuah masjid di lingkungan Sabra, menewaskan sekitar 50 orang, dan puluhan lainnya terluka pada Rabu malam.

Tiga warga sipil juga tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan udara Israel yang menargetkan sekolah Malaysia di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur tengah.

Baca juga: Joe Biden ke PM Israel Netanyahu: Menduduki Gaza akan Jadi Kesalahan Besar

Al-Jazeera melaporkan, pesawat Israel menembakkan bom asap ke daerah di Beit Lahia, utara Jalur Gaza pada Kamis (16/11/2023).

Pesawat-pesawat tempur Israel juga menargetkan menara telekomunikasi Palestina di kota Khan Yunis di Gaza selatan, menewaskan seorang anak dan melukai beberapa lainnya.

BERITA TERKAIT

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, sejauh ini Israel telah membunuh lebih dari 11.500 warga Palestina, termasuk 4.710 anak-anak.

Personel darurat Palestina dan warga memeriksa puing-puing sebuah bangunan untuk para penyintas menyusul serangan Israel di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada 15 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.
Personel darurat Palestina dan warga memeriksa puing-puing sebuah bangunan untuk para penyintas menyusul serangan Israel di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada 15 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. (Mahmud HAMS / AFP)

Baca juga: Bukan Pertama Kali, Israel Tolak Resolusi PBB soal Jeda Kemanusiaan di Gaza

Tentara Israel terus menggempur rumah-rumah warga sipil di seluruh Jalur Gaza dan pembantaian baru dilaporkan di wilayah yang terkepung itu.

Gaza berada di bawah pengepungan militer Israel yang ketat sejak tahun 2007, menyusul pemilu demokratis di wilayah pendudukan Palestina, yang hasilnya ditolak oleh Israel dan Amerika Serikat (AS).

Hamas Palestina vs Israel

Asap mengepul selama pemboman militer Israel di Jalur Gaza utara pada 15 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.
Asap mengepul selama pemboman militer Israel di Jalur Gaza utara pada 15 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. (FADEL SENNA / AFP)

Baca juga: Video Tur Israel di Rumah Sakit Al-Shifa Disebut Akting, Hamas: Lelucon Memalukan

Ketegangan di Jalur Gaza ini terjadi setelah Israel menanggapi serangan terbaru Hamas dalam Operasi Badai Al-Aqsa di Israel, yang menerobos perbatasan Jalur Gaza pada Sabtu (7/10/2023) pagi.

Hamas mengatakan, serangan itu adalah tanggapan atas kekerasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina selama ini, terutama kekerasan di kompleks Masjid Al Aqsa, seperti diberitakan Al Arabiya.

Hamas menculik kurang lebih 240 orang di Israel dan meluncurkan ratusan roket, yang menewaskan lebih dari 1.200 orang di wilayah Israel.

Mereka juga meluncurkan ratusan roket, yang menewaskan lebih dari 1.200 orang di wilayah Israel.

Sementara itu, serangan balasan Israel di Jalur Gaza menewaskan lebih dari 11.697 warga Palestina sejak Sabtu (7/10/2023) hingga perhitungan korban pada Kamis (16/11/2023), dikutip dari Al Jazeera.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas