Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Veto Seruan dari Dewan Keamanan PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza, AS Dukung Perang Jalan Terus?

Amerika Serikat memveto seruan dari Dewan Keamanan PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza. Harapan warga Gaza untuk merasakan kedamaian sesaat pun sirna.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in AS Veto Seruan dari Dewan Keamanan PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza, AS Dukung Perang Jalan Terus?
Via Kompas.TV
Sebuah foto yang disebut memperlihatkan puluhan warga sipil Palestina ditelanjangi hingga menyisakan pakaian dalam mereka, bersama tentara Israel (IDF), beredar di media sosial sejak Kamis (7/12/2023). (Sumber Foto: X) 

AS Veto Seruan dari Dewan Keamanan PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza, AS Dukung Perang Jalan Terus?

TRIBUNNEWS.COM- Amerika Serikat memveto seruan dari Dewan Keamanan PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza.

Harapan warga Gaza untuk merasakan kedamaian untuk sesaat sirna setelah Amerika Serikat memveto seruan dari Dewan Keamanan PBB untuk Gencatan Senjata.

Meskipun sebanyak 100 negara sudah mendukung usulan Gencatan Senjata, 13 dari 15 anggota Dewan Keamanan juga sudah mendukung seruan Gencatan Senjata tersebut.

Tapi lagi-lagi, Amerika Serikat memveto proposal tersebut. Menghalangi usulan Gencatan Senjata.

Baca juga: Pasukan Khusus Israel Rontok Disergap Brigade Al-Qassam: Senjata Sampai Alat Komunikasi Direbut

Dikutip dari Al Jazeera, AS memveto resolusi PBB yang menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Wakil duta besar AS mengatakan gencatan senjata segera di Gaza hanya akan menjadi benih bagi perang berikutnya.

BERITA REKOMENDASI

Amerika Serikat memveto permintaan Dewan Keamanan PBB untuk segera melakukan gencatan senjata kemanusiaan dalam perang antara Israel dan kelompok Palestina Hamas di Gaza.

Tiga belas anggota Dewan Keamanan memberikan suara mendukung rancangan resolusi singkat, yang diajukan oleh Uni Emirat Arab pada hari Jumat, sementara Inggris abstain.

Pemungutan suara tersebut dilakukan setelah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres membuat langkah yang jarang terjadi pada hari Rabu untuk secara resmi memperingatkan dewan beranggotakan 15 orang tentang ancaman global dari perang yang telah berlangsung selama dua bulan tersebut.

Baca juga: Helikopter Apache Israel Tembaki Rumah di Gaza Ternyata Isinya Tentara Israel, IDF Salah Tembak Lagi

“Meskipun AS sangat mendukung perdamaian abadi di mana Israel dan Palestina dapat hidup damai dan aman, kami tidak mendukung seruan gencatan senjata segera. Hal ini hanya akan menjadi bibit bagi perang berikutnya, karena Hamas tidak memiliki keinginan untuk melihat perdamaian yang bertahan lama, untuk melihat solusi dua negara,” kata Robert Wood, wakil duta besar AS untuk PBB.

AS dan Israel menentang gencatan senjata karena mereka yakin hal itu hanya akan menguntungkan pejuang Hamas. Washington malah mendukung jeda dalam pertempuran untuk melindungi warga sipil dan mengizinkan pembebasan sandera yang disandera oleh Hamas dalam serangan mematikan terhadap Israel pada 7 Oktober.

Jeda tujuh hari – yang menyebabkan Hamas membebaskan beberapa sandera dan peningkatan bantuan kemanusiaan ke Gaza – berakhir pada 1 Desember.

Baca juga: Apa Itu Friendly Fire? Ini Salah Satu Contohnya Saat Tentara Israel Bunuh Teman Sendiri Pakai Apache

Setelah beberapa upaya gagal untuk mengambil tindakan, Dewan Keamanan bulan lalu menyerukan penghentian sementara pertempuran untuk memungkinkan akses bantuan ke Gaza, yang pada hari Jumat digambarkan oleh Guterres sebagai mimpi buruk kemanusiaan yang terus meningkat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas