Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Kasih Deadline ke AS untuk Tangani Ansarallah Houthi Yaman: Ancam Serang Langsung Sanaa

Tel Aviv sudah gerah atas rong-rongan perlawanan Yaman yang menargetkan kapal-kapal mereka di Laut Merah hingga menyebabkan kerugian

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Israel Kasih Deadline ke AS untuk Tangani Ansarallah Houthi Yaman: Ancam Serang Langsung Sanaa
SATELLITE IMAGE ©2023 MAXAR TECHNOLOGIES / AFP
Gambar satelit yang dirilis oleh Maxar Technologies pada tanggal 28 November 2023, menunjukkan kapal Galaxy Leader milik Israel yang baru-baru ini disita, dan ditangkap oleh milisi Ansarallah Houthi Yaman pada tanggal 19 November, 

Israel Kasih Deadline ke AS untuk Tangani Ansarallah Yaman

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Dewan Keamanan Nasional Israel, Tzachi Hanegbi, dilaporkan menginformasikan ke Amerika Serikat dan Uni Eropa kalau mereka tidak mengambil tindakan terhadap Ansarallah Yaman dan operasi militer maritimnya, maka Tel Aviv akan mengambil tindakan.

Demikian yang dilaporkan saluran berita Ibrani Channel 12 pada Minggu (10/12/2023).

Pernyataan ini mengindikasikan kalau Tel Aviv sudah gerah atas rong-rongan perlawanan Yaman yang menargetkan kapal-kapal mereka di Laut Merah hingga menyebabkan kerugian dalam jumlah besar.

Baca juga: AS-Israel Rebutan Balas Serang Ansarallah, Washington Desak Tel Aviv Tak Respons Rudal Houthi Yaman

Baca juga: AS Kerahkan Tentara Bayaran Proksi UEA Bikin Ansarallah Yaman Sibuk dan Tak Fokus Serang Israel

"Hanegbi mengatakan kepada jurnalis Israel, Amit Segal dan Ben Caspit kalau Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyampaikan sikap dan posisi Israel ini kepada Presiden AS Joe Biden dan Kanselir Jerman Olaf Scholz," menurut laporan Channel 12.

"Israel memberikan waktu kepada komunitas internasional untuk melakukan mobilisasi melawan Ansarallah dan mencegah kelanjutan operasi militer maritim yang telah mereka lakukan terhadap pelayaran Israel," Hanegbi menambahkan.

Hanegbi juga mengatakan kalau Netanyahu memperingatkan Biden dan Scholz, Israel akan mengambil “tindakan militer” jika tidak ada keputusan internasional yang diambil.

BERITA REKOMENDASI

Serangan Israel ini disebutkan akan menargetkan langsung pusat Yaman, Kota Sana'a.

Kepala keamanan nasional Israel itu juga mengatakan, ancaman operasi militer maritim Yaman adalah “masalah internasional.”

Baca juga: Gencatan Senjata Berakhir, Milisi Yaman-Irak Siap Tempur: Laut Merah Terlarang, Kota Eilat Incaran

Kelompok Houthi Yaman mengklaim telah meluncurkan serangan yang menargetkan dua kapal Israel di Laut Merah.
Kelompok Houthi Yaman mengklaim telah meluncurkan serangan yang menargetkan dua kapal Israel di Laut Merah. (Arab News)

Laut Merah Terlarang Bagi Kapal Entitas Israel

Ansarallah dan Angkatan Bersenjata Yaman telah menyatakan perang terhadap kapal-kapal Israel di Laut Merah, sebagai solidaritas terhadap perlawanan Palestina di Gaza.

Sejak 19 November, Yaman telah menyita satu kapal Israel dan melancarkan serangan drone terhadap dua kapal lainnya.

Sejak dimulainya perang di Gaza, perlawanan Yaman juga telah melancarkan beberapa serangan drone dan rudal terhadap sasaran Israel, khususnya kota Eilat yang diduduki di selatan.

Juru Bicara Angkatan Bersenjata Yaman Yahya Saree mengumumkan pada 9 Desember kalau Yaman akan mencegah lewatnya kapal apa pun yang menuju Israel di Laut Merah dan Arab jika makanan dan obat-obatan tidak memasuki Jalur Gaza.

Menteri Penerangan Yaman di pemerintahan yang berafiliasi dengan Ansarallah di Sanaa, Daifallah al-Shami, mengkonfirmasi kepada Al-Mayadeen pada Sabtu bahwa kapal-kapal “yang mengirimkan barang ke entitas pendudukan akan menjadi sasaran.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas