Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanggapan Gedung Putih soal Israel Gunakan Fosfor Putih: Kami akan Memeriksanya Lebih Lanjut

Israel dilaporkan menggunakan fosfor putih untuk menyerang warga sipil di Lebanon, Gedung Putih AS memberikan pendapatnya.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Tanggapan Gedung Putih soal Israel Gunakan Fosfor Putih: Kami akan Memeriksanya Lebih Lanjut
Jalaa MAREY / AFP
Gambar yang diambil dari sisi perbatasan Israel dengan Lebanon menunjukkan peluru meledak di perbukitan di sekitar desa Aita al-Shaab di Lebanon selatan pada 8 Desember 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintahan Joe Biden menanggapi laporan Israel yang menggunakan fosfor putih di Lebanon dua bulan lalu, ujar juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih AS, John Kirby.

"Kami sudah melihat laporannya, tentu saja khawatir dengan hal itu. Kami akan memeriksanya lebih lanjut," ujar Kirby kepada para wartawan, Senin (11/12/23), dilansir POLITICO.

Dilaporkan sebelumnya, seorang jurnalis yang bekerja untuk The Washington Post, menemukan sisa-sisa tiga peluru artileri 155 milimeter yang ditembakkan ke Dheira, sebuah kota kecil di Lebanon dekat perbatasan Israel.

Fosfor putih dapat mengaburkan pergerakan pasukan saat asap menyebar tak tentu arah di suatu area.

Namun bahan kimia tersebut juga dapat menempel pada kulit dan menyebabkan luka bakar yang fatal serta kerusakan pernafasan.

Penggunaan fosfor putih dapat melanggar hukum internasional jika digunakan dengan sengaja sebagai senjata terhadap warga sipil, menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Baca juga: Israel Gunakan Bom Fosfor Putih Buatan AS untuk Serang Lebanon, Dilaporkan Ditembakkan Juga di Gaza

Laporan pada bulan Oktober itu menyebut Israel menggunakan fosfor putih di wilayah tersebut.

BERITA TERKAIT

Kelompok hak asasi manusia Amnesty International mengatakan masalah tersebut harus diselidiki sebagai kejahatan perang.

The Post melaporkan bahwa setidaknya sembilan warga sipil terluka dalam serangan itu.

Penggunaan Fosfor Putih Diverifikasi oleh Amnesty Internasional

Crisis Evidence Lab milik Amnesty International memverifikasi foto-foto yang diambil oleh fotografer AFP pada tanggal 18 Oktober di dekat perbatasan Lebanon.

Foto-foto ini menunjukkan peluru amunisi asap fosfor putih 155 mm yang sedang disusun tentara Israel, di dekat howitzer M109.

Peluru ini mempunyai warna hijau pucat dan garis warna merah dan kuning yang khas, serta tanda yang terlihat bertuliskan M825A1 dan D528, masing-masing nomenklatur cangkang dan Kode Identifikasi Departemen Pertahanan AS (DODIC) untuk amunisi berbasis fosfor putih, sebagaimana telah didokumentasikan oleh Amnesty International di dekat pagar Gaza.

Meskipun ini adalah kode dan nomenklatur AS, Amnesty International tidak dapat memastikan di mana peluru tersebut diproduksi.

Seorang tentara Israel menyusun peluru artileri 155mm di dekat howitzer self-propelled yang dikerahkan di posisi dekat perbatasan dengan Lebanon di wilayah Galilea atas di Israel utara pada 18 Oktober 2023.
Seorang tentara Israel menyusun peluru artileri 155mm di dekat howitzer self-propelled yang dikerahkan di posisi dekat perbatasan dengan Lebanon di wilayah Galilea atas di Israel utara pada 18 Oktober 2023. (Jalaa MAREY / AFP)

Baca juga: Video Israel Diduga Pakai Bom Fosfor Putih Serang Gaza, Fakta Mengerikan Membakar Sampai ke Tulang

Hukum Internasional tentang Fosfor Putih

Menurut amnesty.org, fosfor putih tidak dianggap sebagai senjata kimia karena zat ini beroperasi terutama melalui panas dan nyala api, bukan racun, sehingga menjadikan fosfor putih senjata pembakar.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas