Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertempuran Mematikan di Jenin, Israel Bunuh 11 Pemuda Palestina di Tepi Barat

Israel membunuh 11 pemuda Palestina dalam pertempuran di Jenin, Tepi Barat ketika memasuki hari ke-3. Kelompok perlawanan bentrok dengan Israel.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Pertempuran Mematikan di Jenin, Israel Bunuh 11 Pemuda Palestina di Tepi Barat
Jaafar ASHTIYEH / AFP
Asap mengepul menyusul ledakan yang menargetkan sebuah rumah yang menurut tentara Israel milik seorang tersangka selama operasi militer di dalam kamp pengungsi Palestina Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada 13 Desember 2023. Tiga pemuda tewas dalam pemboman pada Kamis (14/12/2023) pagi di Jenin. 

TRIBUNNEWS.COM - Pertempuran antara faksi perlawanan Palestina dan pasukan pendudukan Israel di kota dan kamp Jenin memasuki hari ketiga pada Kamis (14/12/2023).

Tentara Israel juga melanjutkan kampanye penangkapan malamnya di Tepi Barat.

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) menggambarkan tahun 2023 sebagai tahun paling berdarah di Tepi Barat.

Saat fajar pada Kamis (14/12/2023), tiga pemuda Palestina meninggal dunia akibat pemboman Israel yang menargetkan lingkungan timur kota Jenin, menurut Bulan Sabit Merah Palestina.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pemboman Israel juga mengakibatkan enam pemuda lainnya terluka, tiga di antaranya menderita luka serius.

Hal ini menjadikan jumlah korban jiwa di kota Jenin sejak dimulainya operasi militer Israel di kota tersebut menjadi 11 orang.

Baca juga: Israel Menderita Kerugian Terbesar Sejak Oktober, Tekanan Dunia Meningkat tapi Netanyahu Tak Peduli

Sementara itu, koresponden Al Jazeera melaporkan pasukan pendudukan membawa bala bantuan dan kendaraan tambahan di tengah meningkatnya intensitas bentrokan dengan pejuang perlawanan dari Jenin.

BERITA TERKAIT

Reporter tersebut mengatakan bentrokan terjadi antara pejuang perlawanan dan pasukan pendudukan di kota Rummana, sebelah barat Jenin.

Sebuah klip video menunjukkan faksi perlawanan mampu meledakkan alat peledak di dalam kendaraan militer milik pasukan pendudukan selama penyerbuan mereka di kota Jenin.

Di Tepi Barat, terdapat sejumlah kelompok perlawanan Palestina, seperti Brigade Jenin, Brigade Lions' Den, Brigade Al-Aqsa, Brigade Al-Quds, selain faksi perlawanan yang lebih kecil.

Jip tentara Israel terlihat di dekat ban yang terbakar saat penyerbuan di pintu masuk kamp pengungsi Jenin di Jenin, pada 13 Desember 2023. Kekerasan meningkat di wilayah pendudukan sejak perang melawan Hamas pecah, dengan sekitar 270 warga Palestina dibunuh oleh Israel kebakaran dan serangan pemukim di Tepi Barat sejak 7 Oktober 2023, kata para pejabat Palestina.
Jip tentara Israel terlihat di dekat ban yang terbakar saat penyerbuan di pintu masuk kamp pengungsi Jenin di Jenin, pada 13 Desember 2023. Kekerasan meningkat di wilayah pendudukan sejak perang melawan Hamas pecah, dengan sekitar 270 warga Palestina dibunuh oleh Israel kebakaran dan serangan pemukim di Tepi Barat sejak 7 Oktober 2023, kata para pejabat Palestina. (MARCO LONGARI / AFP)

Baca juga: Perlawanan Keras Militan Hamas, 9 Tentara Israel Tewas dalam Penyergapan di Kota Gaza

Hamas Kritik Serangan Israel di Tepi Barat

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) yang berada di Jalur Gaza mengatakan operasi militer yang dilakukan oleh tentara pendudukan Israel sejak fajar Selasa (12/12/2023) lalu merupakan perpanjangan dari perang komprehensif yang dilancarkan pemerintah pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina.

Hamas mengatakan serangan Israel di Tepi Barat adalah upaya putus asa untuk memadamkan api perlawanan yang menyebar dalam semangat kepahlawanan rakyat Palestina.

Hamas menyerukan massa Palestina di Tepi Barat untuk meningkatkan perlawanan di semua kota dan desa sampai pendudukan ditaklukkan di tanah Palestina dan tempat-tempat suci Islam dan Kristen.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas