Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Retno Marsudi Resmikan Gedung Baru KBRI Tokyo, Terasa Berada di Rumah Indonesia

Gedung KBRI Tokyo memenuhi visi diplomatik yang diemban KBRI Tokyo untuk dapat terus memperkokoh hubungan bilateral dengan Jepang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menlu Retno Marsudi Resmikan Gedung Baru KBRI Tokyo, Terasa Berada di Rumah Indonesia
Foto KBRI Tokyo
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meresmikan gedung baru Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo yang berlokasi di Higashi-Gotanda, Tokyo, Jumat (15/12/2023). Foto Dubes Heri Akhmadi (kiri), Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Tsuji Kiyoto, Mentu Retno Marsudi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif (kanan). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meresmikan gedung baru Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo yang berlokasi di Higashi-Gotanda, Tokyo, Jumat (15/12/2023). 

"Gedung baru KBRI ini fits for purpose (sesuai dengan peruntukan). Fit terkait kebutuhan fisik karena didesain sesuai kebutuhan, terutama jika terjadi gempa," kata Menlu Retno dalam sambutannya di Tokyo, Jumat.

Retno menambahkan gedung tersebut juga memenuhi visi diplomatik yang diemban KBRI Tokyo untuk dapat terus memperkokoh hubungan bilateral dengan Jepang.

"Jepang adalah mitra dagang terbesar kedua Indonesia. Tahun lalu, perdagangan kita mencapai lebih dari 42 miliar dolar AS (Rp 651,2 triliun)," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Berangkat ke Jepang Hadiri KTT AZEC dan Bertemu PM Kishida

Negeri Sakura tersebut juga merupakan investor keempat terbesar di Indonesia. Pada 2022, tercatat investasi Jepang mencapai 3,56 miliar dolar AS (Rp 55,2 triliun).

"Dan fit satu lagi, karena kalau bapak ibu masuk ke dalam gedung ini, terasa berada di rumah Indonesia," katanya.

BERITA TERKAIT

Menlu Retno menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Jepang yang telah memberikan dukungan selama seluruh proses pembangunan gedung baru itu, termasuk kepada kontraktor, konsultan dan seluruh pihak yang terlibat.

Termasuk pemerintah Jepang, kontraktor, konsultan, dan tim KBRI Tokyo.

"Semoga gedung ini dapat terus menjadi simbol persahabatan yang kuat demi terjalinnya kerja sama kedua negara, Indonesia dan Jepang," katanya.

Turut hadir Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Tsuji Kiyoto, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi, Duta Besar Jepang untuk Indonesia (designate) Masaki Yasushi, sejumlah pejabat tinggi Kemlu RI, dan perwakilan dari Bank Indonesia dan BUMN RI di Tokyo.

Dalam sambutannya, Wamenlu Jepang Tsuji mengatakan pihaknya turut bergembira atas berdirinya gedung baru KBRI Tokyo itu.

"Saya merasa terhormat dapat merayakan bersama peresmian gedung baru KBRI ini yang akan dilaksanakan oleh Yang Mulia Menteri Luar Negeri Retno Marsudi," katanya.

Baca juga: Gedung Baru KBRI Tokyo di Meguro Jepang Diresmikan, Dubes Heri Minta Masyarakat Ikut Menjaga

Dia menyebut hubungan Indonesia dan Jepang cukup intens dalam satu tahun terakhir yang bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas