Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan Jenderal Israel Puji Hamas dalam Perang Gaza: Saya Hormati Ketangguhan Mereka

Hamas disebut telah menunjukkan kemampuannya untuk menggantikan komandan mereka yang terbunuh.

Penulis: Nuryanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Mantan Jenderal Israel Puji Hamas dalam Perang Gaza: Saya Hormati Ketangguhan Mereka
JACK GUEZ / AFP
Ilustrasi - Tank tentara Israel dikerahkan di Israel selatan yang berbatasan dengan Jalur Gaza pada 22 Desember 2023. Hamas disebut telah menunjukkan kemampuannya untuk menggantikan komandan mereka yang terbunuh. 

TRIBUNNEWS.COM - Pensiunan Mayor Jenderal dan mantan Kepala Dewan Keamanan Nasional Israel, Giora Eiland, memuji ketangguhan Hamas dalam perang di Jalur Gaza.

Giora Eiland mengatakan, Hamas telah menunjukkan kemampuannya untuk menggantikan komandan mereka yang terbunuh dengan komandan lain yang sama-sama mampu dan setia.

“Dari sudut pandang profesional, saya harus menghormati ketangguhan mereka."




"Saya tidak melihat tanda-tanda runtuhnya kemampuan militer Hamas atau kekuatan politik mereka untuk terus memimpin Gaza," katanya, Rabu (27/12/2023), dikutip dari Ruetir.

Sementara itu, seorang pejabat militer Israel, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya sesuai dengan peraturan militer, mengatakan tujuan pertama Israel adalah membubarkan pemerintah Hamas.

Israel lalu akan membubarkan para pejuangnya dan melenyapkan komandan dan bawahan utamanya.

Baca juga: Biaya Genosida Warga Gaza, Israel Habiskan Dana Perang 66 Miliar Shekel atau Sekira Rp 283 Triliun

Dia mengklaim sekitar setengah dari pejuang Hamas telah terbunuh, terluka, ditangkap atau melarikan diri ke Jalur Gaza selatan.

BERITA TERKAIT

Terpisah, analis militer Amerika Serikat (AS) mengatakan, hasil terbaik bagi Israel mungkin adalah melemahkan kemampuan militer Hamas untuk mencegah kelompok tersebut mengulangi serangannya terhadap Israel.

Namun, tujuan terbatas ini dianggap sebagai upaya yang sangat sulit.

“Hamas berakar pada ideologi bahwa kendali Israel atas tanah Palestina harus dilawan dengan kekerasan, sebuah prinsip yang kemungkinan akan bertahan lama,” kata para ahli.

Israel Janjikan Perang Panjang di Gaza

Diberitakan Le Monde, perang di Gaza diperkirakan akan berlangsung panjang dan intens.

Sekembalinya dari Jalur Gaza pada Senin (25/12/2023), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berusaha meyakinkan anggota partai Likud-nya.

Baca juga: Satu Lagi Tentara Israel Diumumkan Tewas, Perwira IDF Dilikuidasi oleh Pejuang Hamas di Gaza Utara

Tentara Israel duduk di kendaraan tempur infanteri yang dikerahkan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza dan Israel selatan pada 27 Desember 2023 di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas.
Tentara Israel duduk di kendaraan tempur infanteri yang dikerahkan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza dan Israel selatan pada 27 Desember 2023 di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas. (JACK GUEZ / AFP)

Beberapa orang khawatir bahwa laju pertempuran akan melambat tanpa tercapainya tujuan maksimal pemerintah Israel menghancurkan Hamas.

"Kami terus berperang, dan kami mengintensifkan pertempuran dalam beberapa hari mendatang."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas