Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tentara Israel Lakukan Pengeboman Terhadap Markas Bulan Sabit Merah di Gaza, WHO: Tak Bisa Diterima

Tentara Israel menyasar melakukan pemboman terhadap Markas Bulan Sabit Merah. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan hal itu tidak bisa diterima.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Tentara Israel Lakukan Pengeboman Terhadap Markas Bulan Sabit Merah di Gaza, WHO: Tak Bisa Diterima
Jaafar ASHTIYEH / AFP
Seorang tentara Israel mengarahkan senjatanya saat ambulans Bulan Sabit Merah Palestina menunggu pada 13 Desember 2023, menyusul serangan tentara semalaman di Jenin di Tepi Barat yang diduduki, ketika pertempuran terus berlanjut antara Israel dan gerakan militan Hamas di Gaza. Pasukan Israel membunuh empat warga Palestina di Jenin pada 12 Desember, kementerian kesehatan Palestina melaporkan tanpa rincian lebih lanjut mengenai korban jiwa tersebut, sementara Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan mereka tewas dalam serangan pesawat tak berawak di kota tua tersebut. 

Tentara Israel Lakukan Pemboman Terhadap Markas Bulan Sabit Merah di Gaza, WHO: Tak Bisa Diterima

TRIBUNNEWS.COM- Tentara Israel menyasar melakukan pemboman terhadap Markas Bulan Sabit Merah di Gaza.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan Pemboman Israel terhadap markas Bulan Sabit Merah di Gaza itu tidak dapat diterima.




Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada hari Selasa mengutuk pemboman yang menargetkan markas besar dan rumah sakit milik Bulan Sabit Merah Palestina di Jalur Gaza, dan menggambarkan pemboman ini sebagai tidak dapat diterima.

Tedros mengatakan dalam sebuah postingan di platform X: “Saya mengutuk serangan yang menargetkan Rumah Sakit Al-Amal saat ini, yang dijalankan oleh Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina.”

Baca juga: Israel Siaga Tinggi, Buntut Tewasnya Bos Hamas Saleh Al-Arouri

Direktur Jenderal menekankan bahwa operasi pengeboman yang terjadi saat ini tidak dapat diterima.

Sistem kesehatan di Gaza pada dasarnya sudah runtuh, dan para pekerja kesehatan dan bantuan terus-menerus menghadapi hambatan dalam upaya mereka untuk menyelamatkan nyawa manusia.

BERITA TERKAIT

Posisi Tedros muncul tak lama setelah Bulan Sabit Merah Palestina mengumumkan bahwa pemboman Israel menargetkan markas besarnya di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada hari Selasa, markas bulan sabit Merah diserang dua kali berturut-turut, dan Rumah Sakit Al-Amal di sebelahnya, yang dijalankan oleh asosiasi tersebut dan saat ini menampung sekitar 14.000 pengungsi.

Menurut Bulan Sabit Merah, pemboman Israel mengakibatkan terbunuhnya lima orang pengungsi, termasuk seorang bayi yang berusia tidak lebih dari seminggu, dan melukai tiga orang, termasuk seorang sukarelawan pertolongan pertama.

Baca juga: Bos Hamas Saleh al-Arouri Pernah Singgung Ingin Mati Syahid, Kini Tewas akibat Drone Israel

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan bahwa personel dari organisasi tersebut dan lainnya dari Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) memeriksa lokasi pemboman ini pada hari Selasa, di mana mereka menyaksikan kerusakan yang luas dan pengungsian. warga sipil.

Menurut Bulan Sabit Merah, 14.000 pengungsi mengungsi di kantor pusat asosiasi dan Rumah Sakit Al Amal.

Menurut Tedros, "banyak dari pengungsi ini kini telah pergi, dan sisanya sangat khawatir akan keselamatan mereka dan berencana meninggalkan tempat mereka mencari perlindungan dan perlindungan."

Baca juga: Netanyahu Larang Pejabat Israel Komentari Pembunuhan Saleh al-Arouri, Petinggi Hamas di Lebanon

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia menekankan bahwa “di bawah hukum humaniter internasional, rumah sakit, ambulans, pekerja kesehatan, dan orang yang mencari perawatan harus dilindungi setiap saat.”

Tedros juga menegaskan kembali seruan untuk segera melakukan gencatan senjata dan tindakan segera untuk mengirimkan makanan, pasokan medis, dan air kepada warga sipil di Gaza.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas