Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mesir Ancam Israel jika Berani Masuk ke Poros Philadelphia, Perbatasan Palestina

Mesir mengancam Israel jika berani masuk ke Poros Philadelphia yang merupakan perbatasan Mesir dan Palestina. Netanyahu sebelumnya ingin merebutnya.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Mesir Ancam Israel jika Berani Masuk ke Poros Philadelphia, Perbatasan Palestina
JACK GUEZ / AFP
Tentara Israel berkumpul di sisi Israel di sepanjang wilayah perbatasan Gaza Israel di Israel selatan pada 12 Desember 2023. --- Mesir mengancam Israel jika berani memasuki poros Philadelphia. 

TRIBUNNEWS.COM - Mayor Jenderal Militer dan Strategis Mesir, Samir Farag, mengatakan poros Philadephia tidak hanya berada di wilayah Mesir.

Poros Philadelphia termasuk perbatasan di sisi Palestina sepanjang 14 kilometer.

Menurut Perjanjian Camp David (1978), Mesir dan Israel memberlakukan pembatasan jumlah dan kualitatif terhadap penempatan pasukan di kedua sisi, hingga Israel mundur dari Jalur Gaza pada tahun 2005.

Samir Farag menegaskan, jika Israel masuk ke poros Philadelphia maka itu adalah pelanggaran terhadap Perjanjian Camp David.

"Siapa pun yang melakukan celaan di dalam perbatasan Mesir akan dipotong kakinya dan pasukan kami siap untuk itu," kata Samir Farag, Selasa (9/1/2024).

"Jika Israel melanggar Camp David, saya katakan itu akan menjadi berkah dan kedok bagi kami. Kami akan melakukan apa yang kami inginkan di Sinai," lanjutnya.

Pernyataan Samir Farag muncul beberapa hari setelah pernyataan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan Mantan Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, yang menekankan perlunya Israel mengendalikan poros Philadelphia.

BERITA TERKAIT

“Israel harus memiliki kendali penuh atas poros tersebut untuk memastikan perlucutan senjata di wilayah tersebut," kata Netanyahu, Sabtu (30/12/2023).

“Poros Philadelphia, atau lebih tepatnya titik pemberhentian selatan (di Gaza), harus berada di bawah kendali kita. Itu harus ditutup. Jelas bahwa pengaturan lain apa pun tidak akan menjamin pelucutan senjata yang kita upayakan," lanjutnya, dikutip dari Al Jazeera.

Mesir Tolak Rencana Israel di Poros Philadephia

Tiga sumber keamanan Mesir mengatakan Mesir menolak rencana Israel untuk memperkuat pengawasan Israel di poros Philadelphia, perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza.

Baca juga: Apa itu Koridor Philadelphia, tanah tak bertuan di antara Gaza dan Mesir yang dianggap penting oleh Israel?

Poros Philadephia adalah zona penyangga sempit sepanjang 13 kilometer antara Mesir dan Jalur Gaza.

Sebelumnya, sumber-sumber Mesir mengatakan Israel menghubungi Mesir untuk mengamankan poros Philadephia di perbatasan dengan Jalur Gaza untuk mencegah serangan Palestina terhadap Israel di masa depan.

Seorang pejabat Israel yang dirahasiakan mengatakan Israel berencana mengajak Mesir untuk memantau poros Philadephia.

Pejabat tersebut mengatakan tidak mengetahui apakah Mesir menolak rencana itu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas