Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Reaksi Serangan AS, Hamas Apresiasi Yaman, Moskow Kecam Serangan, China Minta Semua Menahan Diri

Serangan gabungan AS-Inggris di Yaman menuai kecaman dari beberapa negara dan kelompok perlawanan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Reaksi Serangan AS, Hamas Apresiasi Yaman, Moskow Kecam Serangan, China Minta Semua Menahan Diri
The Times of Israel
Sekutu Israel, AS dan Inggris, menyerang kota-kota di Yaman untuk menargetkan Houthi, Jumat (12/1/2024) dini hari. Serangan itu adalah tanggapan atas sikap Houthi di Laut Merah. Diketahui, Houthi menyerang kapal-kapal yang terafiliasi atau menuju pelabuhan Israel sebagai bentuk dukungan terhadap Gaza. 

Reaksi Serangan AS, Hamas Apresiasi Yaman, Moskow Kecam Serangan, China Minta Semua Menahan Diri

TRIBUNNEWS.COM- Serangan gabungan AS-Inggris di Yaman menuai kecaman dari beberapa negara dan kelompok perlawanan.

Hamas sangat mengapresiasi posisi Yaman dan rakyatnya dalam mendukung rakyat Palestina. Mereka sangat mengapresiasi posisi Yaman dan rakyatnya dalam berdiri bersama rakyat Palestina dalam pertempuran melawan Israel.




Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, Hamas mengutuk keras agresi AS-Inggris yang terang-terangan terhadap Yaman.

Hamas menegaskan bahwa agresi brutal terhadap Yaman adalah tindakan teroris yang tidak diperhitungkan, direncanakan dan dipengaruhi oleh pendudukan Zionis Israel.

Hamas mengatakan dalam pernyataannya: "Kami menegaskan bahwa kawasan ini tidak akan menyaksikan keamanan dan stabilitas kecuali dengan mengakhiri pendudukan Zionis di tanah Palestina dan Arab kami, yang mengharuskan Washington dan London untuk meninjau kembali kebijakan kolonial mereka, dengan menghormati kedaulatan negara dan kepentingan bangsa Arab".

Baca juga: Yaman Tegaskan Bakal Ada Pembalasan, Setiap Agresi AS Tidak akan Pernah Dibiarkan Begitu saja

Sementara itu, Rusia mengatakan bahwa serangan itu adalah pelanggaran total terhadap hukum internasional yang bertujuan untuk meningkatkan eskalasi di kawasan guna mencapai tujuan destruktif mereka.

BERITA TERKAIT

Tiongkok juga mendesak semua pihak untuk menahan diri, dengan mengatakan pihaknya prihatin dengan meningkatnya ketegangan di Laut Merah.

“Kami mendesak pihak-pihak terkait untuk tetap tenang dan menahan diri untuk mencegah konflik meluas,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning.

Kementerian luar negeri Iran dengan keras mengutuk serangan tersebut dan mengatakan bahwa serangan tersebut akan memicu ketidakamanan dan ketidakstabilan di wilayah tersebut.

“Serangan-serangan ini jelas merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Yaman serta pelanggaran hukum internasional.”

Arab Saudi, yang telah mengobarkan perang terhadap Yaman selama sembilan tahun sebagai pemimpin koalisi Arab, menyatakan keprihatinan atas serangan AS dan Inggris dan menyerukan “menahan diri dan menghindari eskalasi.”

Kelompok perlawanan Hizbullah di Lebanon dan Hamas di Gaza juga mengutuk keras serangan AS dan Inggris tersebut.

“Agresi AS menegaskan sekali lagi bahwa AS adalah mitra penuh dalam tragedi dan pembantaian yang dilakukan musuh Zionis di Gaza dan wilayah tersebut,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas