Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Diam-diam Awasi Poros Philadelphia, Mesir: Ini Masih di Bawah Kendali Kami

Israel diam-diam awasi pergerakan tentara Mesir di Poros Philadelphia setelah Netanyahu ingin menutup poros yang berada di bawah kendali Mesir itu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Israel Diam-diam Awasi Poros Philadelphia, Mesir: Ini Masih di Bawah Kendali Kami
Giuseppe CACACE / AFP
Tentara Mesir berpatroli di perbatasan Rafah-Gaza saat kunjungan duta besar Dewan Keamanan PBB, 11 Desember 2023. -- Israel diam-diam mengawasi pergerakan Mesir di perbatasan Gaza. 

TRIBUNNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir, Ahmed Abu Zeid, mengonfirmasi Mesir masih memiliki kendali penuh atas perbatasannya, menyusul seruan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk menutup perbatasan Mesir dengan Gaza sebelum perang berakhir.

“Mesir sepenuhnya mengontrol perbatasannya, dan masalah ini tunduk pada perjanjian hukum dan keamanan antara negara-negara terkait, sehingga setiap pembicaraan mengenai masalah ini umumnya harus diawasi, dan ditanggapi dengan sikap yang dinyatakan," katanya, Sabtu (13/1/2024). 

Ahmed Abu Zeid menegaskan peran Mesir dalam masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui penyeberangan perbatasan Rafah, dan menyalahkan Israel karena menghalangi hal tersebut.

“Kami telah memperjelas sejak hari pertama bahwa setiap keputusan yang menghalangi masuknya bantuan pada dasarnya adalah tindakan Israel, dan dilakukan melalui berbagai cara, termasuk pemeriksaan ketat terhadap truk, membuang banyak waktu dalam proses pemeriksaan, dan mencegah dan menghalangi masuknya," lanjutnya. 

Sementara itu, Netanyahu menyatakan Israel tidak dapat mengakhiri perangnya melawan Hamas sampai poros Philadelphia ditutup.

"Bahkan setelah Hamas dikalahkan, peralatan militer dan senjata mematikan lainnya akan terus memasuki pelabuhan selatan ini – jadi tentu saja kita harus menutupnya,” kata Netanyahu sebelumnya, merujuk pada poros Philadephia.

Sebelumnya, sumber resmi Mesir membantah kepada media lokal apa yang dilaporkan laporan tentang adanya kerja sama Mesir-Israel mengenai poros Philadelphia.

BERITA TERKAIT

Sumber tersebut mengatakan kepada Cairo News Channel, “Berita seperti itu tidak berdasar.”

Israel Pantau Tentara Mesir di Poros Philadelphia

Tentara Mesir telah mengintensifkan kehadiran pasukannya di sepanjang poros Philadelphia (Salah al-Din), yang berbatasan dengan Jalur Gaza, selama beberapa waktu terakhir.

Situs berita Israel, Bhol, yang berafiliasi dengan kelompok ekstrem kanan di Israel, mengatakan tindakan ini terjadi mengingat tekanan Israel melalui Amerika agar tentara Israel dapat mengendalikan poros ini.

Sebelumnya, ada laporan yang beredar beberapa hari lalu tentang penolakan Mesir terhadap usulan Israel untuk mengawasi poros Philadelphia di perbatasan Mesir dan Gaza.

Baca juga: Mesir Bantah Tuduhan Israel di ICJ soal Cegah Bantuan Masuk Gaza: Itu Kebohongan yang Dibuat Israel

Menurut Bhol, tentara Mesir mulai menerapkan operasi keamanan baru di perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir.

Termasuk serangan udara ke daerah tersebut, berkoordinasi dengan pihak Israel untuk memastikan tidak ada aktivitas militer yang terjadi di wilayah tersebut.

Laporan Bhol menunjukkan Mesir sepaham dengan faksi-faksi perlawanan Palestina di Gaza tentang perlunya menjaga poros Philadelphia bebas dari aktivitas pertempuran, untuk mencegah upaya Israel mencapai tempat itu.

Hamas Palestina vs Israel

Israel mengincar poros Philadephia dan berencana untuk mendirikan dinding anti-terowongan untuk mencegah pergerakan Hamas keluar dari Jalur Gaza.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas