Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS akan Terus Bantu Israel, Senat AS Tolak Pembekuan Bantuan untuk Israel, Abaikan Urusan HAM

Senat AS dengan tegas menolak resolusi untuk membekukan bantuan keamanan kepada Israel pada malam tanggal 16 Januari.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in AS akan Terus Bantu Israel, Senat AS Tolak Pembekuan Bantuan untuk Israel, Abaikan Urusan HAM
(Alex Edelman/Getty Images)
Senator independen AS Bernie Sanders 

AS akan Terus Bantu Israel, Senat AS Tolak Pembekuan Bantuan untuk Israel, Tak Peduli Melanggar HAM

TRIBUNNEWS.COM- Senat AS dengan tegas menolak resolusi untuk membekukan bantuan keamanan kepada Israel pada malam tanggal 16 Januari.

Resolusi tersebut meminta Departemen Luar Negeri untuk menyusun laporan tentang apakah Israel melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Gaza




Resolusi tersebut menuntut agar bantuan keamanan dibekukan kecuali Departemen Luar Negeri AS menghasilkan laporan dalam waktu 30 hari yang memeriksa apakah Israel telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia selama perang brutalnya di Gaza.

Diusulkan oleh senator independen Bernie Sanders, yang melakukan kaukus dengan Partai Demokrat, pemungutan suara tersebut diselesaikan dengan 72 suara menentang sementara hanya 11 suara mendukung mosi tersebut.

“Kita harus memastikan bahwa bantuan AS digunakan sesuai dengan hak asasi manusia dan hukum kita sendiri,” kata Sanders dalam pidatonya yang mendesak dukungan dan mengkritik apa yang ia gambarkan sebagai kegagalan Senat untuk mempertimbangkan tindakan apa pun yang mempertimbangkan dampak perang terhadap penduduk sipil.

Baca juga: Hamas Sentil Jerman yang Kirim Ribuan Amunisi Tank ke Israel: Tak Belajar dari Sejarah Masa Lalu

“Ratusan ribu anak di Gaza, anak-anak tak berdosa, kelaparan di depan mata kita. Kita tidak bisa berpaling. Kita harus bertindak,” kata Sanders.

BERITA TERKAIT

“Tragisnya, meskipun ada upaya dari PBB dan pihak-pihak lainnya, meskipun krisis kemanusiaan semakin meningkat yang kita lihat, situasinya justru menjadi lebih buruk dalam hal menyalurkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, kepada anak-anak ini.”

AS memberikan bantuan militer kepada Israel sebesar $3,8 miliar setiap tahunnya; ini berkisar dari jet tempur hingga bom berdaya ledak yang sangat kuat. Biden baru-baru ini meminta Kongres untuk menyetujui tambahan bantuan sebesar $14 miliar kepada Israel untuk perang di Gaza.

Para senator yang menentang resolusi tersebut berpendapat bahwa resolusi tersebut mengirimkan pesan yang salah kepada sekutu AS, Israel.

"Resolusi ini tidak hanya salah sasaran, tapi juga berbahaya. Ini benar-benar mengirimkan sinyal yang salah pada waktu yang salah," kata Senator Partai Republik Lindsey Graham.

Resolusi tersebut, yang dirancang oleh Sanders, diajukan berdasarkan Undang-Undang Bantuan Luar Negeri, yang memungkinkan Kongres mengarahkan negara bagian untuk memberikan laporan hak asasi manusia dan informasi lainnya mengenai negara mana pun yang menerima bantuan keamanan AS.

Jika resolusi tersebut disahkan, Departemen Luar Negeri harus membuat laporan hak asasi manusia untuk Kongres dalam waktu 30 hari. Setelah menerima laporan tersebut, Kongres bisa saja mengkaji resolusi lain yang mengusulkan perubahan terhadap bantuan keamanan Israel.

Gedung Putih mengklaim telah mendorong Israel untuk lebih berhati-hati dalam menyerang Gaza untuk mengurangi korban sipil, dan Israel menyatakan bahwa mereka tidak akan berhenti sampai Hamas disingkirkan dari wilayah kantong yang terkepung tersebut.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas