Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tuntut Segera Dibebaskan, Keluarga Sandera Hamas Datangi Rumah Netanyahu, Pasang Tenda untuk Nginap

Para keluarga sandera Hamas berbondong-bondong datangi rumah Netanyahu agar para sandera segera dibebaskan.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Tuntut Segera Dibebaskan, Keluarga Sandera Hamas Datangi Rumah Netanyahu, Pasang Tenda untuk Nginap
JERUSALEM POST
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan dirinya tidak berniat menduduki Gaza secara permanen maupun menggusur penduduk Gaza. Para keluarga sandera Hamas berbondong-bondong datangi rumah Netanyahu agar para sandera segera dibebaskan. 

TRIBUNNEWS.COM - Puluhan keluarga dari para sandera berkumpul di luar rumah pribadi Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu di Caesarea untuk menuntut agar sandera Hamas segera dibebaskan usai selama 100 hari ditawan, Sabtu (20/1/2024).

Dikutip dari Al-Arabiya, mereka berencana untuk bermalam dengan memasang tenda-tenda di luar rumah Netanyahu sebagai wujud protes atas tidak adanya kemajuan yang terlihat dari pemerintah dalam kesepakatan pembebasan sandera.

Salah satu kerabat sandera, Eli Shitivi, yang anaknya, Idan (28), telah ditahan di Gaza sejak diculik dari festival musik Supernova pada 7 Oktober 2023 lalu.




Sebagai wujud protes, Eli pun melakukan mogok makan sejak Jumat (19/1/2024) kemarin.

Dia mengungkapkan, hanya akan makan seperempat roti pita setiap harinya seperti dengan pola makan dari para sandera yang ditahan Hamas di Gaza.

Di sisi lain, Hamas mengungkapkan tidak akan membebaskan lebih dari 100 sandera jika serangan Israel ke Gaza tidak diakhiri.

Seiring dengan munculnya perpecahan dalam Kabinet Perang Israel mengenai rencana untuk membawa pulang para sandera, beberapa keluarga melakukan aksi protes secara spontan, karena khawatir nyawa orang-orang yang mereka cintai berada dalam bahaya yang semakin meningkat.

BERITA TERKAIT

Sementara, seakan tak menggubris permintaan Hamas soal syarat pembebasan sandera, pasukan Israel justru semakin brutal dalam melancarkan serangan ke Gaza.

Kini, mereka disebut telah berfokus untuk menyelesaikan operasi besar di Gaza Utara, Gaza tengah, dan kota Khan Younis yang berada di Gaza selatan.

Baca juga: Netanyahu Klaim 1 Dekade Israel Hambat Proyek Senjata Nuklir Iran Demi Lindungi Dunia

Netanyahu Tolak Perundingan dengan Hamas soal Pembebasan Sandera

Sementara pada Kamis (18/1/2024) lalu, Netanyahu secara tegas sudah menolak untuk memulai perundingan baru dengan Hamas untuk membebaskan sandera yang ditahan di Gaza.

Dikutip dari Anadolu Agency, ada seorang menteri Israel yang enggan disebutkan namanya telah menguraikan kerangka kesepakatan yang bakal dibahas dengan Hamas selama beberapa hari dengan tujuan menjamin pembebasan tawanan Israel yang ditahan Hamas.

Adapun negosiasi itu rencananya akan ditengahi oleh seorang mediator yang tidak disebutkan namanya.

Namun, alih-alih setuju, Netanyahu dengan tegas menolak kerangka tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas