Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tempur Dua Jam, Rudal Yaman Memaksa Angkatan Laut AS Mundur dari Selat Bab al-Mandab di Laut Merah

Rudal Yaman memaksa angkatan laut AS mundur dari Selat Bab al-Mandab. Bentrokan sengit terjadi antara angkatan bersenjata Yaman dan kapal perang AS.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Tempur Dua Jam, Rudal Yaman Memaksa Angkatan Laut AS Mundur dari Selat Bab al-Mandab di Laut Merah
Arab News
Sejumlah perusahaan pelayaran internasional terkemuka seperti Maersk dan Hapag Lloyd memilih menghindari Laut Merah karena kekhawatiran jadi sasaran serangan Houthi Yaman. 

Rudal Yaman Memaksa Angkatan Laut AS Mundur dari Selat Bab al-Mandab di Laut Merah

TRIBUNNEWS.COM- Rudal Yaman memaksa angkatan laut AS mundur dari Selat Bab al-Mandab.

Bentrokan sengit terjadi antara angkatan bersenjata Yaman dan kapal perang AS di Laut Merah.

Angkatan bersenjata Yaman mengumumkan pada akhir 24 Januari bahwa bentrokan hebat terjadi dengan beberapa kapal perang AS yang mengawal dua kapal komersial yang mencoba transit di Selat Bab al-Mandab.

“Bentrokan terjadi hari ini antara sejumlah kapal perusak dan kapal perang AS di Teluk Aden dan Bab al-Mandab saat mereka melindungi dua kapal komersial AS,” kata juru bicara angkatan bersenjata Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree, dalam sebuah video penyataan.

“Meskipun ada upaya kapal perang untuk mencegat mereka, rudal balistik kami berhasil mencapai sasarannya,” tambah pernyataan Saree, seraya mencatat bahwa kapal perang AS terkena serangan langsung dan kapal komersial terpaksa mundur.

Menurut pejabat Yaman, pertempuran itu berlangsung sekitar dua jam.

Baca juga: UEA Merekrut Al-Qaeda dan Tentara Bayaran AS untuk Beroperasi di Yaman, Laporan Investigasi BBC

BERITA REKOMENDASI

Abdullah bin Amer, Wakil Kepala Departemen Bimbingan Moral Kementerian Pertahanan Yaman di Sanaa, mengatakan bahwa kapal perang AS berusaha melawan serangan itu dengan cara yang membingungkan dan intens, meluncurkan rudal yang dilaporkan jatuh ke laut [dan ] di daratan Yaman di daerah kosong.

Pada Kamis dini hari, raksasa pelayaran Denmark, Maersk, mengonfirmasi bahwa ledakan di dekatnya memaksa dua kapal yang dioperasikan oleh anak perusahaannya di AS – Maersk Line Limited (MLL) – terpaksa berbalik ketika mereka berusaha transit di Selat Bab al-Mandab dengan kapal AS. pengawalan angkatan laut.

“Saat dalam perjalanan, kedua kapal melaporkan melihat ledakan di dekatnya, dan pasukan Angkatan Laut AS juga mencegat beberapa proyektil,” kata Maersk dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan pihaknya menangguhkan transit Laut Merah oleh kapal-kapal anak perusahaannya di AS.

Kedua kapal tersebut membawa perbekalan militer AS.

MLL membawa kargo untuk Departemen Pertahanan, Departemen Luar Negeri, USAID, dan lembaga pemerintah AS lainnya.

Pertempuran pada hari Rabu ini adalah eskalasi terbaru antara Yaman dan AS, ketika pemerintah yang dipimpin Ansarallah di Sanaa telah berjanji untuk menegakkan blokade laut terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel, AS, dan Inggris sampai genosida warga Palestina di Gaza berhenti.

Baku tembak terjadi kurang dari sehari setelah pesawat tempur AS melakukan kampanye serangan udara terbaru mereka di Yaman.

Pesawat tempur, kapal, dan kapal selam AS dan Inggris telah melancarkan puluhan serangan di Yaman sebagai pembalasan atas tindakan negara tersebut yang membela Palestina.

Sebelumnya pada hari Rabu, pihak berwenang Yaman memerintahkan warga negara AS dan Inggris untuk meninggalkan negara itu dalam waktu satu bulan.

“Kementerian… ingin menekankan bahwa Anda harus memberi tahu para pejabat dan pekerja dengan kewarganegaraan AS dan Inggris untuk bersiap meninggalkan negara itu dalam waktu 30 hari,” bunyi surat yang dikirim oleh Kementerian Luar Negeri Yaman kepada penjabat koordinator kemanusiaan PBB di Yaman, Peter Hawkins.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas