Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebagian Negara-negara Uni Eropa Jor-joran Bantu Israel di Perang Gaza, Sudah Jadi Mitra Genosida?

Krisis moral dihadapi negara-negara di Eropa terkait peran mereka dalam konflik antara Israel dan pejuang Palestina di Gaza.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Sebagian Negara-negara Uni Eropa Jor-joran Bantu Israel di Perang Gaza, Sudah Jadi Mitra Genosida?
Mazen Mahdi / AFP
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengambil bagian dalam konferensi keamanan Dialog IISS Manama, di Manama pada 18 November 2023. 

Sebagian Negara-negara Uni Eropa Jor-joran Bantu Israel di Perang Gaza, Sudah Jadi Mitra Genosida?

TRIBUNNEWS.COM- Krisis moral dihadapi negara-negara di Eropa terkait peran mereka dalam konflik antara Israel dan pejuang Palestina di Gaza.

Ini bukan kasus sederhana dari standar ganda Barat. Israel memandang Eropa sebagai antek, meskipun Eropa, secara kolektif, mempunyai beban ekonomi yang signifikan.

Eropa tetap diam ketika Israel mulai menggempur Jalur Gaza dengan keganasan yang hanya bisa berujung pada genosida.

Faktanya, Eropa tetap bungkam ketika kata ‘genosida’ dengan cepat menggantikan rujukan sebelumnya pada ‘perang Israel-Hamas’, yang dimulai pada tanggal 7 Oktober.

Mereka yang akrab dengan wacana dan tindakan politik Eropa mengenai Israel dan Palestina, pasti sudah menyadari bahwa sebagian besar pemerintah Eropa selalu berpihak pada Israel.

Namun, jika hal ini sepenuhnya benar, apa yang bisa kita ambil dari komentar terbaru Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, ketika ia tampak menyerang Israel pada tanggal 23 Januari, dan menuduh Israel menyebarkan kebencian dari generasi ke generasi?

BERITA TERKAIT

Dalam konferensi pers bersama di Brussels dengan Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry dan Komisaris Uni Eropa untuk Perluasan, Oliver Varhelyi, Borell mengatakan bahwa Israel tidak dapat memiliki hak veto terhadap penentuan nasib sendiri rakyat Palestina.

Tapi apakah Borrell tulus mengatakannya? Rasa frustrasi Borrell terhadap Tel Aviv berasal dari kesadaran bahwa Israel tidak menganggap serius Eropa. Dia benar. Tel Aviv tidak pernah benar-benar melihat Brussel sebagai aktor politik yang kuat dan relevan dibandingkan dengan Washington, atau bahkan London.

Beberapa bulan terakhir ini semakin mengungkap hubungan yang tidak setara ini.

Segera setelah Operasi Banjir Al-Aqsa, para pemimpin Eropa – dimulai dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Presiden Perancis Emmanuel Macron – berbondong-bondong ke Tel Aviv untuk, seperti kata-kata Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, menegaskan kembali bahwa “ Israel mempunyai hak untuk membela diri”.

Namun dukungan Eropa melebihi sekadar dukungan bahasa atau politik. Bantuan ini juga datang dalam bentuk dukungan militer dan intelijen.

“Pada 2 November, pemerintah Jerman telah menyetujui ekspor peralatan pertahanan senilai hampir 303 juta euro ($323 juta) ke Israel,” lapor Reuters, membandingkan jumlah besar tersebut dengan ekspor pertahanan senilai 32 juta euro. yang disetujui oleh Berlin sepanjang tahun 2022. Ini hanyalah salah satu contoh.

Meskipun Amerika tidak segan-segan mengambil peran sebagai mitra dalam perang Gaza, posisi UE tampaknya tidak jujur dan, paling banter, tidak konsisten secara moral.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas