Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota Parlemen Irak Serukan Hentikan Penjualan Minyak ke Yordania Usai Serangan AS di Irak Suriah

Anggota parlemen Irak telah menyerukan sidang parlemen untuk membahas penghentian penjualan minyak bersubsidi ke Yordania menyusul gelombang serangan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Anggota Parlemen Irak Serukan Hentikan Penjualan Minyak ke Yordania Usai Serangan AS di Irak Suriah
Staff Sgt. Shawn Nickel / US Air Forces Central Command / AFP
F-18E Super Hornet Angkatan Laut AS mendekat untuk menerima bahan bakar dari KC-135 Stratotanker di Irak utara setelah melakukan serangan udara di Suriah, 23 September 2014 

Anggota Parlemen Irak Serukan Hentikan Penjualan Minyak ke Yordania Usai Serangan AS di Irak Suriah

TRIBUNNEWS.COM- Anggota parlemen Irak telah menyerukan sidang parlemen untuk membahas penghentian penjualan minyak bersubsidi ke Yordania menyusul gelombang serangan AS di Irak dan Suriah.

Rudaw melaporkan pada tanggal 5 Februari bahwa anggota parlemen menuduh Yordania memberikan dukungan material untuk serangan AS yang menewaskan sedikitnya 17 orang di Irak pada hari Jumat.

Mustafa Sanad, seorang anggota parlemen independen Syiah, mengatakan kepada Rudaw pada hari Minggu, “Ketika Amerika datang untuk mengebom kami, siapa yang menyediakan bahan bakar untuk pesawat mereka?” Sanad bertanya, mengacu pada Yordania.

“Mereka menerimanya dari negara-negara tetangga, seperti Yordania dan negara-negara lain. Yordania mendapat keuntungan dari sepertiga transaksi mata uang asing Bank Sentral Irak. Kita harus menekan mereka untuk menghentikan ini… Kita harus berhenti menjual minyak mentah ke Yordania.”

Serangan AS tersebut menyusul serangan pesawat tak berawak pekan lalu, yang menewaskan sedikitnya tiga tentara AS dan melukai puluhan lainnya di Tower 22, sebuah pangkalan militer AS di timur laut Yordania dekat perbatasan Suriah.

Baca juga: China, Iran, dan Rusia Mengutuk Serangan AS ke Suriah dan Irak, Rusia Anggap AS Provokator Konflik

AS menduduki pangkalan lain, Al-Tanf, di sisi perbatasan Suriah, tempat AS melatih anggota ISIS dan kelompok bersenjata lainnya yang berupaya menggulingkan pemerintahan Bashar al-Assad di Suriah.

BERITA TERKAIT

Gedung Putih menyalahkan Perlawanan Islam di Irak, sebuah koalisi kelompok bersenjata Syiah, atas serangan pesawat tak berawak di Yordania. Sebagai pembalasan, AS melancarkan serangan udara yang menargetkan basis pasukan perlawanan di Irak dan Suriah.

Sumber dari Angkatan Bersenjata Yordania mengklaim kepada media lokal pada hari Sabtu bahwa Yordania tidak berpartisipasi dalam serangan udara AS di Irak, meskipun ada rumor keterlibatannya.

Perlawanan Islam di Irak berusaha untuk memaksa keluarnya pasukan AS dari negara tersebut, yang mengaku memerangi ISIS.

Kelompok payung Syiah Irak juga berupaya mendukung Palestina dengan menyerang sasaran-sasaran Israel.

Mereka bergabung dengan pasukan Ansarallah di Yaman, yang menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah untuk menerapkan blokade terhadap Israel sebagai tanggapan atas genosida di Gaza.

Negara-negara Arab, termasuk Yordania, Arab Saudi, dan UEA, telah membantu Israel dalam memecahkan blokade dengan mengizinkan barang-barang mencapai Israel melalui jalur darat.

Kapal-kapal yang berlabuh di UEA membongkar barang-barang yang kemudian diangkut dengan truk melalui Jazirah Arab menuju Israel.

Penduduk Yordania sangat menentang genosida Israel di Gaza. Banyak warga Yordania yang merupakan pengungsi Palestina dan keturunan mereka.

Ratusan warga Yordania telah mengadakan protes menuntut diakhirinya “jembatan darat Zionis,” namun raja Yordania itu dekat dengan Inggris, sekutu dekat AS dan Israel. Yordania juga bergantung pada bantuan AS dan investasi Saudi agar tetap layak secara ekonomi.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas