Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengampunan Najib Razak Tuai Kecaman, PM Anwar Ibrahim Bantah Malaysia Melunak soal Korupsi

Keseriusan Malaysia dalam menanggapi kasus korupsi menurut Anwar Ibrahim dibuktikan melalui proses peradilan Najib Razak yang terus berlanjut.

Penulis: Bobby W
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Pengampunan Najib Razak Tuai Kecaman, PM Anwar Ibrahim Bantah Malaysia Melunak soal Korupsi
FAZRY ISMAIL / POOL / AFP
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berbicara saat konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (tidak dalam gambar) selama kunjungan resminya ke Malaysia, di Putrajaya, pada 5 November 2023. Dalam pertemuan dengan anggota Departemen Perdana Menteri (JPM) hari Selasa ini (6/2/2024), Anwar Ibrahim membantah Malaysia melunak soal Korupsi 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah dan Kerajaan Malaysia tengah menjadi sorotan publiknya setelah memberikan pengampunan kepada mantan Perdana Menteri Najib Razak yang terseret kasus korupsi pada Jumat (2/2/2024) lalu.

Seperti yang diketahui sebelumnya, dewan pengampunan yang dipimpin Raja Malaysia Sultan Ibrahim ini memutuskan untuk mengurangi separuh masa tahanan Najib Razak yang terlibat skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) .

Melalui kebijakan tersebut, Najib yang sebelumnya divonis 12 tahun penjara pada Agustus 2022 hanya akan menjalani 6 tahun kurungan.

Dengan demikian, ia diperkirakan akan menghirup udara bebas lebih cepat pada Agustus 2028 mendatang.

Keputusan ini pun menuai kecaman publik baik bagi pendukung maupun oposisi pemerintah.

Menanggapi kecaman dari semua kubu kepada pemerintah, Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim pun buka suara.

Dikutip Tribunnews dari Astro Awani, ia membantah bahwa langkah pemerintah dan Kerajaan Malaysia terhadap kasus Najib Razak menunjukkan bahwa mereka melunak dalam mengatasi masalah korupsi

BERITA TERKAIT

"Isu yang diangkat adalah bahwa kami lemah dalam mengatasi korupsi, itu tidak benar," kata Anwar Ibrahim dalam pertemuan dengan anggota Departemen Perdana Menteri (JPM) hari Selasa ini (6/2/2024).

Keseriusan Malaysia dalam menanggapi kasus korupsi menurut Anwar Ibrahim dibuktikan melalui proses peradilan Najib Razak yang terus berlanjut.

Anwar Ibrahim juga membantah tudingan Presiden UMNO Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi ikut campur mengenai keputusan terhadap Najib.

"Dia (Najib) atau partai memiliki hak untuk meminta Perdana Menteri dan Lembaga Pengampunan mempertimbangkan," katanya.

Baca juga: Mantan PM Najib Razak Mengaku Masih Kecewa Meski Raja Malaysia Sultan Ibrahim Pangkas Hukumannya

Anwar mengatakan ada banyak hal yang harus diutamakan oleh Pemerintah Bersatu Malaysia, termasuk masalah ekonomi dan koordinasi gaji pegawai negeri.

Perdana Menteri mengatakan bahwa masalah tata kelola yang baik dan penekanan pada pemberantasan korupsi diterapkan secara komprehensif dan dalam administrasi hari ini, tidak ada posisi untuk mundur.

"Saya diserang paling banyak ketika saya memerintahkan semua agensi untuk tegas guna menyelamatkan negara dari kepalsuan atau kecurangan pemimpin-pemimpin, menggeledah dan membongkar kekayaan luar biasa," katanya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas